Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Kamera Laptop Yang Buram

Cara membersihkan kamera Laptop yang Buram - Lensa pada kamera laptop merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, lensa kamera laptop adalah item yang sangat penting - Jangan biarkan debu atau kotoran menempel pada lensa kamera laptop Anda, karena dapat mengganggu dan membuat gambar menjadi kurang bagus.

Cara Membersihkan Kamera Laptop Yang Buram

Dan Anda juga perlu berhati-hati saat memegang lensa kamera laptop, jangan sampai jari Anda menyentuh kaca lensa, karena akan membuat kamera laptop terkena sidik jari Anda sendiri sehingga menjadi buram, lebih parah lagi jika jari Anda kotor maka lensa kamera laptop akan berminyak.

Untuk itu kamu harus menggunakan beberapa cara membersihkan kamera Laptop yang buram berikut ini :

1. Bersihkan debu pada kamera laptop menggunakan blower

Kotoran dan debu yang menempel di lensa kamera laptop yang buram memang sangat mengganggu - Kotoran dan debu tidak boleh dibersihkan sembarangan atau dengan menggunakan jari secara langsung karena dapat merusak lensa pada kamera.

Kotoran dan debu juga dapat menggores kaca pada kamera laptop - Oleh Karena itu, Anda harus menggunakan cara yang lebih efektif untuk menyelesaikan masalah ini - Jangan khawatir, ada satu cara untuk membersihkan lensa kamera laptop dengan benar dan dijamin tidak akan merusak kamera Anda.

Artinya, Anda bisa membersihkan lensa kamera dengan menggunakan blower khusus yang dijual di pasaran untuk membersihkan kamera. 

2. Bersihkan kamera laptop menggunakan cairan lensa

Seperti yang dikatakan dari awal, jangan biarkan kamera laptop terkena debu atau kotoran, karena akan membuat kualitas lensa Anda tidak bagus. Oleh karena itu, agar lensa kamera laptop Anda lebih bersih dan berkilau, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk lensa kamera.

Anda dapat meneteskan dan menyemprotkan cairan pembersih pada kaca lensa Anda dan juga dapat membersihkan permukaan kaca lensa dengan gerakan melingkar.

3. Sediakan tempat yang bersih atau tidak kotor saat membersihkan kamera laptop

Cara ketiga ini wajib kamu lakukan, karena untuk membersihkan lensa kamera laptop kamu yang buram dan gelap juga harus menyediakan tempat yang bersih atau tidak kotor. Lebih tepatnya, harus dihindari dari akumulasi debu. Karena ini akan menambah masalah pada kamera Anda.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda saat membersihkan lensa kamera laptop yang buram berada di ruangan yang memiliki cahaya terang dan meja kerja yang bersih untuk meletakkan perlengkapan Anda saat membersihkan lensa kamera laptop yang anda miliki.

Biasanya da peralatan pembersih untuk lensa kamera laptop seperti blower, swab, tissue lensa, cotton buds, pena lensa, dan cairan pembersih optik.

4. Menggunakan Kain Microfiber

Bersihkan kembali lensa kamera laptop yang buram menggunakan kain microfiber bila sudah dibersihkan menggunakan kuas. Kain microfiber sengaja dirancang untuk mengambil debu dan minyak pada lensa kamera yang anda miliki.

Tapi kamu perlu ingat untuk membersihkan kacanya terlebih dahulu, ya - Kemudian Anda bisa membersihkan bodi pada lensa kamera - Dan gunakan dua tisu berbeda untuk kaca dan bodi kamera.

Untuk mencegah kotoran atau debu yang telah dibersihkan menempel pada bodi kamera setelah membersihkan kaca pada lensa kamera laptop. Oleh karena itu, gunakan 2 lap khusus untuk menghindari kotoran atau debu yang terbawa dari goresan pada kaca lensa.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa saat menggunakan kain mikrofiber, Anda perlu mencucinya secara rutin atau membeli kain mikrofiber baru agar tetap bersih.

5. Gunakan tisu pembersih lensa kamera khusus laptop

Cara terakhir untuk membersihkan lensa kamera laptop yang gelap dan buram adalah dengan menggunakan tisu pembersih khusus untuk lensa kamera. Cara ini juga bisa menjadi alternatif jika Anda tidak ingin menggunakan kain microfiber, atau Anda malas untuk mencucinya secara rutin. Karena tisu pembersih ini hanya digunakan sekali.

Tisu ini juga dirancang khusus dan lembut untuk membersihkan optik lensa laptop dari noda dan sidik jari - Beberapa tips untuk Anda saat menggunakan tisu pembersih ini adalah Anda harus melakukan pembersihan searah jarum jam dari luar ke dalam dan jangan pernah menekan lensa terlalu keras, karena dapat menggores lapisan lensa.

Kesimpulan :

Anda bisa mendapatkan tisu khusus pembersih laptop yang buram dan gelap dengan mudah di toko kamera atau toko online. Harga tisu ini juga bervariasi, mulai dari 7 ribu hingga puluhan ribu rupiah, tergantung merek tisu pembersihnya.