Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Snapdragon HP Samsung

Cara Cek Snapdragon HP Samsung - Ada dua cara yang biasanya dilakukan untuk mengecek Snapdragon di perangkat smartphone samsung, kamu bisa menggunakan pengaturan sistem atau menggunakan aplikasi dari Playstore.

Cara Cek Snapdragon HP Samsung

Mengenal snapdragon di Hp samsung dianggap sangat diperlukan oleh sebagian orang, terutama bagi seorang gamer yang membutuhkan performa yang baik dari smartphone-nya saat bermain game online.

Lalu bagaimana cara cek snapdragon di hp android samsung ? Hampir semua smartphone memberikan cara mudah untuk mengecek model prosesor pada perangkat, termasuk jenis dan model Snapdragon. Untuk memeriksa, Anda dapat melalui pengaturan sistem dan memilih tentang telepon, atau bahkan lebih mudah, dengan bantuan aplikasi seperti cpu z atau HWinfo.

Menggunakan Pengaturan - Tidak semua merek smartphone bisa menggunakan cara ini, fitur cek snapdragon hanya mendukung ponsel terbaru dan biasanya dilengkapi dengan chipset snapdragon.

Baca juga : Cara Melihat Prosesor HP Samsung

Berikut adalah Cara Cek Snapdragon HP Samsung tanpa menggunakan aplikasi

  • Pertama buka Pengaturan Sistem
  • Pencarian berikutnya perangkat saya atau tentang ponsel lanjut dengan -> Lihat prosesornya
  • Nantinya Anda akan melihat snapdragon atau mediatek
  • Selesai

Namun ada beberapa HP yang tidak langsung menampilkan Snapdragon di sini atau jenis prosesornya, untuk itu Anda harus menginstal aplikasi ini di Playstore -> Ikuti cara kedua di bawah ini

Menggunakan Bantuan Aplikasi -> Cara kedua ini bisa kamu lakukan jika malas mengecek melalui menu setting, dan cara ini bisa dipraktekkan di semua merk hp seperti vivo, oppo, realme, xiaomi dan samsung.

Dengan bantuan aplikasi, semua spesifikasi akan ditampilkan secara detail di sana termasuk jenis prosesor, apakah mediatek atau snapdragon.

  • Buka Aplikasi Playstore
  • Cari Aplikasi Info Perangkat HW
  • Unduh aplikasi ini lalu buka
  • Setelah terbuka kemudian lihat SOC
  • Kemudian Anda akan melihat jenis prosesor dan snapdragon dan juga vendornya
  • Tidak hanya itu, ada juga informasi detail dan spesifikasi lainnya
  • Selesai

Tentang Snapdragon HP Android samsung - Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Snapdragon dan MediaTek - Keduanya merupakan model chipset dan prosesor yang umum digunakan oleh semua vendor ponsel.

Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dan kelebihan dan kekurangannya tidak sama. Semua itu tentunya tergantung dari kebutuhan dan fungsi dari tipe hp android.

Snapdragon merupakan sistem on-chip atau tertanam dalam sebuah perangkat yang merupakan produk unggulan dari Qualcomm. Biasanya perangkat ini banyak digunakan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan IO.

Banyak vendor ponsel saat ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon - Pasalnya, ponsel dengan chipset Snapdragon lebih laku jika dibandingkan dengan ponsel dengan chipset dari pabrikan lain.

Alternatif Cara Cek Snapdragon HP Samsung - Nah buat kamu yang masih bingung cara cek semua tipe hp android snapdragon, berikut kami berikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Melalui Situs Web Resmi HP Samsung atau Situs Web Penyedia Spesifikasi

Cara cek snapdragon HP samsung yang pertama adalah anda bisa melalui website resmi hp yang anda gunakan dan bisa juga melalui website penyedia spesifikasinya.

Anda hanya perlu membuka browser dan ketika kata kunci spec adalah ( ponsel yang Anda gunakan ) dan mencarinya, daftar spesifikasi akan muncul, buka salah satu situs web dan lihat jenis ponsel apa yang Anda gunakan.

Itu saja, sangat mudah bukan? ya gampang tapi masih banyak pengguna yang belum tahu, nah selain itu biasanya di bagian list juga ada website resmi hp yang wajib kalian pakai.

2. Gunakan Aplikasi Aplikasi CPU-Z

Cara cek hp snapdragon selanjutnya bisa menggunakan aplikasi yang bernama CPU-Z, nah mungkin bagi sebagian pengguna aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi.

Ya, dengan aplikasi cpu-z, Anda dapat mengetahui secara detail semua informasi di ponsel yang Anda gunakan, dari prosesor hingga jenis dan nama dan ram dan sebagainya.

Caranya sangat mudah, cukup install aplikasi CPU-Z di Playstore jika sudah langsung membuka aplikasinya dan bisa langsung melihat prosesor atau HP Snapdragon kamu. Nah di aplikasi CPU-Z ada 4 menu tampilan, untuk cara cek hp snapdragon tap menu SOC

3. Gunakan Aplikasi Info Perangkat HW

Cara cek hp snapdragon ketiga bisa menggunakan aplikasi bernama Device Info HW, hampir sama dengan aplikasi sebelumnya. Nah dengan aplikasi ini anda bisa melihat detail prosesor yang ada di hp anda seperti type, dan lain sebagainya, intinya lengkap dengan aplikasi ini.

Berikut cara menggunakan aplikasi ini:

  • Pertama, install dulu aplikasi HW Device Info di google playstore
  • Selanjutnya silahkan buka aplikasinya jika sudah terinstall
  • Seperti biasa aplikasi akan langsung menampilkan informasi tentang ponsel Anda
  • Untuk memeriksa snapdragon, navigasikan ke menu SOC
  • Selesai

Sebenarnya banyak sekali jenis aplikasi sejenis, kini keduanya merupakan aplikasi yang cukup bagus dan sering digunakan oleh pengguna untuk mengecek prosesor ponsel.

Ya memang kebanyakan pengguna cenderung memilih prosesor Snapdragon, hal ini tidak gratis karena sudah mendarah daging dari duku bahwa Snapdragon lebih baik walaupun kenyataannya tidak selalu demikian, masih banyak jenis prosesor lain yang lebih baik.

Kesimpulan :

Karena harga prosesor Snapdragon yang lebih mahal juga akan mempengaruhi bahwa ponsel dengan prosesor Snapdragon biasanya lebih mahal dan ponsel yang ditenagai oleh prosesor ini bisa dikatakan lebih laris, meskipun tidak selalu seperti itu, itu hanya persepsi.

Itulah informasi tentang cara cek hp snapdragon yang bisa anda lakukan, semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat untuk anda semua.