Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala

Penyebab Mobil tidak bisa Distarter tapi lampu menyala - Mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala, biasanya ada gangguan pada sistem kelistrikan - Meski lampu termasuk dalam sistem kelistrikan mobil, namun berbeda dengan sistem kelistrikan starter mobil.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala

Mobil tidak bisa distarter memang memiliki beberapa faktor penyebabnya - Jika lampu depan mobil menyala, itu juga merupakan tanda kerusakan serius pada mobil.

Mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala sering ditemukan masalah seperti ini dan menandakan jika mobil tersebut rusak dan harus diperbaiki.

Hal ini mungkin saja terjadi pada beberapa mobil yang mengalaminya - Untuk itu, jika mobil Anda mengalami hal seperti ini, cari tahu dulu kenapa mobil tidak bisa distarter tapi lampunya menyala. 

Baca juga : Cara Mengatasi Motor Yang Tidak Bisa Distarter

Berikut adalah penyebab mobil tidak bisa Distarter tapi lampu menyala

1. Kerusakan Pada Dinamo 

Pada mesin mobil terdapat komponen penting yaitu dinamo starter - Dinamo starter adalah rangkaian kompon mobil yang berfungsi agar mobil dapat distarter.

Namun, jika komponennya rusak, mobil tidak akan hidup secara otomatis - Penyebab kerusakan dinamo starter biasanya tidak bisa Distarter tapi lampu menyala 

2. Baterai / AKI Mobil

Selain dinamo starter, komponen lain yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter adalah baterai /aki - Indikasi awal kerusakan aki ditunjukkan dengantidak bisa Distarter tapi lampu menyala.

Baterai merupakan komponen penting dalam kelistrikan mobil - Kerusakan aki rata-rata dimulai dari kondisi aus atau kehilangan daya yang mengakibatkan terganggunya aliran listrik ke elemen-elemen mobil - Jadi, selalu periksa kondisi mobil Anda secara berkala agar masalah mobil yang sulit untuk dihidupkan tidak terjadi pada Anda.

3. Busi Mobil Kotor

Busi merupakan komponen penting dalam proses starting mobil - Busi yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa Distarter tapi lampu menyala.

Debu dan kotoran dapat menghambat terjadinya bunga api saat proses starter sedang berjalan - Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkan busi agar kotoran tidak menempel. Gosok busi kotor dengan penetrant khusus. Namun, bisa juga kondisi busi yang kurang bagus sehingga mobil sulit distarter saat mesin masih panas - Saat suhu mesin sudah menurun, barulah mobil bisa distarter.

4. Masalah Alternator

Penyebab lain mobil tidak bisa distarter adalah gangguan pada alternator - Alternator pada mobil ini menyuplai listrik ke baterai - Jika terjadi kerusakan pada alternator, maka aki tidak dapat digunakan sehingga mesin mobil tidak bisa Distarter tapi lampu menyala.

Kesimpulan :

Itulah beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala - Semoga ini bermanfaat.