Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghitung KEUNTUNGAN toko kelontong

Cara menghitung KEUNTUNGAN toko kelontong - Anda dapat menghitung KEUNTUNGAN toko kelontong untuk periode yang Anda inginkan. Bisa mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. 

Cara menghitung KEUNTUNGAN toko kelontong

Toko kelontong adalah usaha toko yang menyediakan kebutuhan pokok.Meski tergolong warung kecil, ternyata warung ini selalu mengalami peningkatan omzet pendapatan.

Bagi Anda pemilik bisnis toko kelontong, tahukah Anda bagaimana cara menghitung keuntungan dari bisnis toko kelontong yang Anda miliki ? 

Perhitungan keuntungan toko kelontong bertujuan untuk memberikan informasi kepada Anda di setiap periode. Melalui perhitungan profit, Anda dapat mengetahui selisih pendapatan profit / keuntungan Anda. 

Baca juga : Cara Mengatasi Resiko Usaha Laundry

Bandingkan Dengan Pengeluaran Anda - Jika semua manfaat yang Anda dapatkan sudah terkumpul semua. Coba perhatikan komposisi dana pengeluaran Anda, seperti pengeluaran untuk belanja stok toko, gaji karyawan, biaya listrik dan air, sewa tempat dan sejenisnya. Bandingkan dengan total pendapat Anda kurang lebih. Jika pengeluaran Anda lebih dari keuntungan Anda, itu berarti toko kelontong Anda merugi. tetapi sebaliknya maka toko kelontong Anda mendapat manfaat.

Lihat Stok Barang - Dengan melihat stok barang Anda bisa mengetahui berapa keuntungan yang dimiliki toko kelontong Anda. Anda dapat membandingkan stok awal dengan stok akhir suatu barang.

Membuat Pembukuan Laba Sederhana - Pembukuan laba yang sederhana akan memudahkan Anda dalam menghitung laba yang Anda peroleh.

Pembukuan Pengeluaran yang Baik - Untuk menghitung keuntungan yang diperoleh tidak lepas dari melihat buku-buku pengeluaran toko. Dengan melihat laporan ini, akan membantu Anda untuk dengan mudah menunjukkan jumlah keuntungan dari toko kelontong Anda. 

Menghitung laba bersih - Laba bersih adalah laba yang diperoleh dari perhitungan laba yang telah dikurangi dengan semua biaya. Melalui perhitungan ini, Anda dapat mengetahui keuntungan apa yang sebenarnya Anda dapatkan. Dari keuntungan ini, Anda bisa mulai merencanakan penjualan seperti apa yang akan Anda praktikkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Hitung harga pokok penjualan - Anda harus menghitung total biaya item toko kelontong Anda. Maksud dari harga pokok barang adalah harga yang Anda bayarkan ketika Anda membeli barang dari pemasok. Jika Anda memiliki sisa setelah Anda menghitung total harga pokok barang, itu berarti sisa Anda adalah keuntungan yang diperoleh dari setiap barang di toko bahan makanan Anda.

Barang yang dijual di toko kelontong biasanya bervariasi - Mulai dari kebutuhan pokok (beras, minyak, tepung, telur, mie instan, sabun, sampo, deterjen, kopi, susu, rokok, dan sebagainya), dan makanan ringan.

Inilah perkiraan modal usaha sembako / toko kelontong di rumah yang dibutuhkan.

  • Rak, etalase, meja, kursi: Rp 1.500.000
  • Persediaan barang dagangan: Rp 2.000.000
  • Total: Rp3.500.000

Biaya operasional - Selain barang dagangan, Anda juga akan membutuhkan biaya operasional bulanan seperti listrik, air, dan biaya tambahan yang sudah habis. Berikut rinciannya:

  • Belanja barang jadi : Rp 1.500.000
  • Biaya listrik, air, dll: Rp 500.000
  • Total: Rp 2.000.000

Total modal usaha toko kelontong adalah : Rp3.500.000 + Rp2.000.000 = Rp5.500.000

Berikut adalah Cara menghitung KEUNTUNGAN toko kelontong

  1. Asumsikan penghasilan KEUNTUNGAN toko kelontong harian Rp 200.000. Jumlah ini kemudian dikalikan selama 30 hari. Total pendapatan dalam satu bulan adalah Rp 6.000.000.
  2. Dengan perhitungan di atas, berarti Anda bisa mendapatkan laba atas investasi Anda di bulan pertama penjualan toko kelontong dengan laba bersih / keuntungan Rp 500.000. 
  3. Jadi KEUNTUNGAN toko kelontong adalah : Rp 6.000.000 – Rp 2.000.000 = Rp 4.000.000

Kesimpulan :

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari toko kelontong, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran - Misalnya dengan memasang spanduk di depan toko, memberikan promosi berupa diskon atau produk gratis untuk pembelian beberapa rupiah, atau mempromosikan toko Anda di acara temu tetangga.