Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Motor Yang Tidak Bisa Distarter

Cara mengatasi motor yang tidak bisa distarter - Ada beberapa alternatif yang cukup efektif untuk mengatasi motor yang sulit dihidupkan dan tidak bisa distarter.

cara Mengatasi Motor Yang Tidak Bisa Distarter

Motor tidak bisa distarter merupakan masalah yang sering dialami oleh para pemilik kendaraan roda dua ini, biasanya hal ini terjadi pada pagi hari - Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. 

Berikut adalah cara mengatasi motor yang tidak bisa distarter

1. Periksa Masalah Komponen

Pastikan Anda memeriksa komponen yang berpotensi bermasalah seperti motor yang tidak bisa distarter, dari aki, busi, relai dan karburator.

2. Pastikan aki memiliki tegangan yang cukup

Aki merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan dan mensuplai listrik, salah satunya untuk menghidupkan mesin - Jika tegangan aki menurun, maka kinerja komponen elektronik pada motor lain juga akan menurun, termasuk motor yang tidak bisa distarter - Periksa apakah pengisian ke aki berjalan lancar.

3. Periksa Kabel

Biasanya motor mati mendadak akibat korsleting sehingga motor yang tidak bisa distarter-  Caranya, periksa apakah ada bekas terbakar- Solusinya adalah dengan melepas korsleting, kemudian memasang kembali komponen sekering dengan menambahkan isolator untuk mencegah korsleting berulang.

4. Periksa Busi

Busi ini bisa dibilang merupakan komponen yang cukup sering diganti dengan yang baru -  Kabel busi juga merupakan salah satu bagian yang menghubungkan tutup busi dan koil yang bisa menjadi penyebab motor yang tidak bisa distarter.

5. Masalah Karburator

Pada motor injeksi, karburator memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar dan udara ke dalam silinder mesin - Jika terjadi kerusakan pada bagian mengakibatkan motor tidak bisa distarter, maka suplai bahan bakar tidak sempurna. Cara mengatasinya adalah dengan mengecek bahan bakar di karbulator - Anda menyetel karburator terlebih dahulu - caranya dengan memutar searah jarum jam selanjutnya putar berlawanan arah jarum jam lagi

6. Periksa Aliran Bahan Bakar ke Mesin

Jika tidak ada masalah dengan karburator, bisa jadi selangnya -  Posisi tangki yang tinggi justru memudahkan bensin turun ke mesin - Hanya saja sering terjadi kesalahan pada selang, entah itu tersumbat atau motor jarang digunakan. 

Akibatnya motor tidak akan hidup, tidak peduli seberapa sering Anda menekan starter - cara mengatasi motor yang tidak bisa distarter karena masalah ini adalah dengan melepas selang radiator - Lepaskan dari klem dan biarkan mengalir sampai bensin mengalir ke bawah.