Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Ternak Kambing 20 Ekor

Berapa Modal Ternak Kambing 20 Ekor ?  Kali ini kita akan membahas tentang analisa Modal ternak 20 ekor kambing - jadi simak terus pembahasan artikel ini sampai akhir.

Modal Ternak Kambing 20 Ekor

Sebenarnya yang menjadi pertanyaan adalah berapa modal dan keuntungan ternak 20 ekor kambing ?  Apakah sepadan dengan usaha para peternak kambing yang harus merawatnya setiap hari dengan hasil yang didapat? Jangan hanya bertanya kepada teman, untuk menjadi sukses kita semua butuh tindakan. Tindakan nyata adalah tindakan yang penuh dengan perencanaan dan perkiraan agar segala sesuatunya menjadi lebih terarah.

Berikut adalah Modal ternak 20 ekor kambing

Sediakan Indukan Kambing 20 ekor - Bibit kambing berharga sekitar Rp. 200 ribu menjadi Rp. 1 juta. Diasumsikan bahwa jika setiap kambing menghasilkan Rp. 200 ribu, maka modal usaha yang dibutuhkan untuk membeli 10 ekor kambing adalah Rp. 2 juta. Bibit kambing ini berukuran kecil.

Kurungan - Harga kandang Rp. 1 juta. Kandang kambing sederhana yang terbuat dari kayu.

Makanan - Biaya pakan kambing dan konsentrat vitamin sekitar Rp. 100 ribu per bulan.

Upah - Gaji karyawan sekitar Rp 700 ribu per bulan.

Jika diperkirakan saat ini harga jual kambing umur sembilan bulan ke atas berkisar Rp. 1,5 juta. Maka keuntungan kotor yang diperoleh dari usaha peternakan kambing adalah Rp. 15 juta. Laba kotor dipotong dari biaya modal kerja, sehingga laba bersih sekitar Rp. 800 ribu selama 9 bulan.

Namun keuntungannya lebih besar dari itu karena seekor kambing dapat memiliki anak dari satu sampai dua ekor kambing. Kemudian dari penjualan susu kambing dan dari penjualan kotoran kambing yang baik dijadikan pupuk kandang. Biaya tenaga kerja dapat menggunakan tenaga sendiri. Biaya pakan dapat ditekan dengan mencari pakan sendiri di lahan hijau di desa yang sangat melimpah dan sangat mendukung.

Setelah beberapa tahun kemudian semakin besar keuntungan yang diperoleh peternak kambing 20 ekor. Karena tidak perlu menghitung biaya pembuatan kandang sebagai modal awal usaha peternakan kambing. Jika Anda menginginkan bisnis peternakan kambing yang lebih menguntungkan, maka Anda bisa menerapkan sistem perawatan dan pemeliharaan kambing Akbar.

Pemilik kambing dapat menitipkan kambingnya kepada peternak kambing untuk pemeliharaannya. Setelah kambing melahirkan, jika kambing itu dijual, keuntungannya dibagi dua.

Untuk membuktikan bahwa bisnis peternakan kambing sangat menguntungkan, maka peternak minimal memelihara 20 ekor kambing dan satu ekor sapi. Harga jual satu ekor sapi mencapai Rp. 10 juta dan harga satu ekor kambing Rp. 2 juta.