Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Posisi Seseorang Lewat GPS

Cara mengetahui posisi seseorang lewat GPS - Android yang merupakan salah satu OS pada smartphone yang menggunakan aplikasi yang dirancang untuk pemetaan menggunakan aplikasi Google Maps dan GPS. Terkadang kita suka ingin tahu keberadaan teman, pacar atau orang yang dianggap penting bagi kita.  Anda dapat mengetahui lokasi / posisi seseorang melalui nomor ponselnya dan GPS. Pelacakan ini akan mencatat di mana lokasi terakhir pengguna mengaktifkan data lokasi di ponsel Android-nya. 

Cara Mengetahui Posisi Seseorang Lewat GPS

Baca juga : Cara Melacak Lokasi Teman FB Tanpa Diketahui

Berikut adalah Cara mengetahui posisi seseorang lewat GPS 

1. Pastikan hp sudah terkoneksi internet

Sebelum Anda ingin menggunakan Google Maps sebagai alat pelacak nomor ponsel, pastikan dulu ponsel Anda benar-benar terkoneksi dengan internet untuk mengetahui posisi seseorang lewat GPS.

2. Gunakan mesin pencari

Jika ponsel Anda tidak memiliki aplikasi Google Maps / GPS, Anda dapat menggunakan alternatif lain, yaitu dengan memanfaatkan keberadaan mesin pencari. Caranya dengan memasukkan alamat m.google.com/maps di ponsel, laptop atau komputer Anda. Lain halnya jika ada aplikasi di hp kamu, buka saja.

3. Aktifkan GPS

Setelah jelas HP kamu sudah terpasang Google Maps atau sudah berhasil dibuka melalui mesin pencari, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan GPS. Tujuan dari aktivasi ini adalah untuk mengetahui posisi keberadaan seseorang.

4. Buka fitur Google Maps

Jika langkah satu hingga tiga sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Google Maps di ponsel atau gadget lainnya. Disini kamu tinggal tap icon hamburger (tiga garis) di pojok kiri atas dan pilih lokasi, jika format hp kamu bahasa indonesia.

Baca juga : Cara Melacak Kendaraan Yang Hilang Tanpa GPS

5. Mulai berbagi lokasi

Untuk mulai membagikan lokasi Anda guna memudahkan teman melacak nomor telepon Anda, ketuk tombol mulai. Kemudian, pilih berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membagikan lokasi Anda dan dengan siapa Anda ingin membagikan informasi ini sesuai keinginan.

6. Masukkan nomor telepon Anda atau pilih kontak

Pilih kontak yang sudah ada di daftar kontak. Jika nomor yang Anda tuju tidak memiliki akun Google, maka Google Maps akan menawarkan penawaran melalui "Bagikan melalui tautan?" menu pop-up. Jika Anda setuju dengan ini, cukup ketuk OK untuk mulai berbagi melalui tautan.

7. Kirim tautan lokasi

Jika Anda telah memilih dengan siapa lokasi Anda akan dibagikan, Anda hanya perlu mengetuk Bagikan. Setelah itu akan muncul pop-up dan pilih saja aktifkan.

8. Lokasi kesuksesan dibagikan

Lokasi Anda telah berhasil dibagikan dengan orang yang Anda inginkan. Jika teman atau kolega Anda membuka tautan, dia akan langsung terhubung ke Google Maps di ponsel mereka dan menunjukkan lokasi Anda saat ini. Selain informasi ini, mereka juga akan mendapatkan informasi tentang jarak dan sisa baterai di ponsel Anda.

Kesimpulan : 

Mulai sekarang anda dapat mengetahui posisi seseorang lewat GPS, cukup bagikan link kita melalui Google Maps, mudah bukan.