Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar HP Tidak Mati Sendiri Saat Didiamkan

Cara Agar HP tidak mati sendiri saat didiamkan vivo. oppo, samsung, xiaomi dan realme - cara agar layar HP tidak mati secara otomatis saat tidak dioperasikan. Layar ponsel atau smartphone akan selalu aktif meski sudah lama tidak disentuh. Tidak perlu root atau setup dengan komputer, cukup ikuti tutorial singkat di bawah ini.


Cara Agar HP Tidak Mati Sendiri Saat Didiamkan


Dengan cara ini layar smartphone atau hp anda akan selalu aktif dan tentunya layar tidak akan mati walaupun anda tidak menyentuh layar sekalipun. Metode ini juga sering disebut mode tetap terjaga di kalangan pengembang.

Tidak hanya developer atau programmer saja yang membutuhkan fitur stay wake ini, terkadang kita sebagai pengguna biasa juga membutuhkan fitur stay wake atau always on ini. Apakah Anda sedang membaca artikel panjang atau melihat gambar atau foto di ponsel Anda.

Beberapa kegunaan - Fitur selalu aktif atau tetap terjaga ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Meski awalnya khusus untuk developer yang ingin menguji di HP, saat ini penggunaan fitur ini sangat beragam.

Bagi para gamers yang menyukai game balap, cara ini biasanya digunakan untuk aplikasi simhub yang dapat menampilkan data-data yang biasanya terdapat pada dashboard mobil atau kendaraan seperti kecepatan, transmisi, dan lain sebagainya

Bagi pengguna aplikasi, fitur ini juga sering digunakan untuk aplikasi bertipe monitoring sehingga saat digunakan layar akan selalu aktif meski jarang disentuh atau dioperasikan.

Dan masih banyak lagi kegunaan fitur sederhana ini dalam berbagai profesi atau aktivitas. Semoga Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini dengan sebaik-baiknya.

Di bawah ini adalah langkah-langkah atau tutorial cara agar layar HP tidak mati otomatis atau agar selalu aktif meskipun jarang disentuh dalam waktu lama. Meskipun tidak memerlukan aplikasi tambahan apa pun, kami sarankan Anda membaca semua langkah terlebih dahulu agar lebih mudah dalam praktiknya.

Baca juga : Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik

Berikut adalah Cara Agar HP tidak mati sendiri saat didiamkan

  1. Buka bagian >Pengaturan di ponsel Anda
  2. Cari bagian >Tentang (biasanya terletak di bagian paling bawah menu)
  3. Pada bagian Build Number atau Phone Version, silahkan tap/klik berulang kali (biasanya 7 - 12 kali) hingga muncul notifikasi dalam bahasa Inggris "You are now a developer!" atau "Tidak perlu, Anda sudah menjadi pengembang" atau bahasa serupa
  4. Kemudian kembali ke >Pengaturan
  5. Temukan dan buka menu >Opsi pengembang
  6. Temukan dan aktifkan opsi >Tetap terjaga
  7. Pastikan menu opsi Pengembang > Aktif
  8. Selesai. 

Layar Anda disetel untuk tidak mati secara otomatis - Silahkan coba buka aplikasi apa saja lalu biarkan saja (tidak dioperasikan) dalam waktu yang lama, lebih lama dari setting otomatis layar off di hp anda sebelumnya.

Jika sebelumnya Anda menyetel layar untuk mati setelah 1 menit, buka aplikasi apa saja dan biarkan selama lebih dari satu menit. Jika layar tidak mati setelah satu menit maka metode di atas berhasil.

Layar masih akan mati - Harap diperhatikan bahwa layar ponsel tidak mati secara otomatis saat Anda membuka aplikasi atau file. Namun, jika ponsel tidak digunakan atau dalam keadaan stand-by (tidak membuka aplikasi atau file apa pun) maka layar ponsel atau smartphone Anda akan tetap mati.

Setidaknya inilah pengalaman kami pada beberapa smartphone yang pernah kami coba. Mungkin ada cara lain untuk menjaga layar tetap menyala meskipun dalam keadaan siaga, tetapi menurut pengalaman kami, layar selalu mati.

Kesimpulan :

Semoga artikel cara agar layar HP tidak mati otomatis atau selalu aktif ini bermanfaat.