Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mixtape Dalam Kompilasi Musik

Mixtape adalah kompilasi musik dari berbagai sumber yang direkam ke dalam satu media seperti kaset, CD, atau daftar putar digital yang sering direkomendasikan di aplikasi mendengarkan musik online. 

Pengertian Mixtape Dalam Kompilasi Musik

Tapi tahukah Anda apa itu mixtape? Di sini kita akan membahas mixtape dan perbedaan antara playlist dan album.

Seperti diketahui, saat ini banyak musisi yang memilih merilis mixtape untuk menyapa penggemar.Agar tidak salah paham, ada baiknya mengetahui arti mixtape yang sebenarnya.Umumnya kompilasi lagu ini disusun secara berurutan sesuai dengan ketukan masing-masing lagu.

Penyebutan mixtape menurut penggunanya, kaset atau yang biasa disebut dengan kaset tape adalah media untuk mengumpulkan rekaman suara atau lagu dari beberapa sumber.

Banyak sumber mengumpulkan beberapa lagu untuk dijadikan campuran atau mix seperti dari radio atau piringan hitam. Pada dasarnya, mixtape dan playlist memiliki tujuan yang sama: beberapa musisi atau lagu menjadi satu yang siap dimainkan.

Namun, dalam proses menyusun mixtape, dibutuhkan lebih banyak upaya daripada menyusun daftar putar digital yang semakin mudah akhir-akhir ini.

Mixtape Dulu vs Sekarang - Definisi atau pengertian mixtape telah berubah dari waktu ke waktu. Dahulu, ada yang menyebut mixtape adalah kumpulan lagu dari siaran radio yang sengaja direkam ke dalam kaset.

Jadi suka tidak suka, kamu harus bersabar menunggu lagu yang kamu suka putar di radio akhirnya bisa diabadikan dalam kaset.

Saat ini mixtape merupakan salah satu media yang berisi kompilasi lagu atau remix yang diberikan oleh artis atau musisi kepada penggemarnya. Lagu-lagu ini diunggah melalui platform digital seperti SoundCloud atau Spotify.

Saat ini banyak musisi yang memilih mixtape untuk promosi dalam menampilkan hasil kreativitas dalam bermusik atau sekedar menyapa pendengar. Ada yang lebih menarik, mixtape ini dirilis untuk umum secara gratis agar siapapun bisa menikmati lagunya.

Perkembangan zaman juga membuat banyak musisi memilih untuk merilis karya-karyanya secara digital, apalagi sekarang sudah banyak platform musik digital.

Berbagai platform musik juga menyediakan fitur untuk membuat playlist di dalamnya, dan dapat memudahkan semua orang untuk membuat playlist bahkan membagikannya.

Seseorang yang membuat mixtape atau playlist tidak hanya membuat satu yang bertema dan bernuansa. Tapi playlist yang kita buat pasti akan terasa personal, bahkan mixtape atau playlist bisa dikatakan sebagai bukti identitas.

Album dan Mix tape sama-sama digunakan di dunia musik. Meski keduanya memiliki fungsi yang sama, namun memiliki banyak perbedaan. 

Mari kita lihat beberapa perbedaan antara Album dan Mix tape

Album bisa disebut asli dan dianggap lebih resmi. Di sisi lain, Mix Tape menyertakan remix, lagu, dan gaya bebas di atas ketukan rapper lain.

Tidak seperti Album yang berisi semua karya orisinal, DJ atau kompiler biasanya membuat Mix Tapes. DJ menggabungkan ketukan baru untuk menghasilkan musik atau suara yang berbeda, Kaset Campuran Khusus untuk musik dansa.

Kaset campuran biasanya mencerminkan selera musik konstituennya daripada artis aslinya. Kaset campuran berisi campuran lagu yang mungkin tidak terkait dengan tema atau suasana hati tetapi hanya disesuaikan dengan keinginan pencipta.

Perbedaan lain yang dapat dilihat adalah bahwa rekaman Mix terutama digunakan untuk promosi beberapa karya sedangkan Album tidak dipromosikan.

Dalam sebuah album, karya-karyanya sangat terstruktur sedangkan tidak seperti di Album Mix dan kaset.

Sambil melihat sejarah, catatan campuran dapat ditelusuri kembali ke tahun 1960-an. Mereka menjadi sangat populer di tahun 1980-an. Setelah rumah itulah kaset campuran menjadi sangat populer di tahun 1980-an. Popularitas ini juga dikaitkan dengan dunia hip hop, di mana DJ mencampur lagu untuk beberapa rap. Album ini merupakan yang pertama diproduksi.

Berikut adalah Perbedaan mixtape dan album

1. Album bisa disebut original dan dianggap lebih resmi sedangkan MixTape menyertakan remix, lagu, dan gaya bebas di atas ketukan rapper lain.

2. Kaset campuran / mixtape biasanya mencerminkan selera musik penyusunnya daripada artis aslinya sedangkan Album adalah karya asli.

3. Kaset campuran / Mixtape dapat dibeli dari jalanan sedangkan album hanya dapat dibeli dari toko musik terkenal.

4. Dalam membandingkan harga, Album lebih mahal dari Mixtape.

5. Dalam sebuah album, karya-karyanya sangat terstruktur, tidak seperti Album Campuran dan Kaset.

6. Album adalah yang pertama diproduksi barulah Mixtape muncul berikutnya