Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kartu Debit Tidak Ada CVV ? Yuk Cari Jawabannya Disini

Kartu debit tidak ada CVV - Jika kartu debit Anda tidak dilengkapi dengan CVV, bisa jadi kartu debit Anda edisi lama sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi online. Anda bisa datang ke bank dan menanyakan kepada pihak bank apakah ada kartu debit yang bisa digunakan untuk transaksi online untuk menggantikan kartu debit Anda saat ini.

Kenapa Kartu Debit Tidak Ada CVV ?  Yuk Cari Jawabannya Disini

CVV (Credit Verification Value) adalah kode verifikasi yang biasa terdapat pada kartu kredit VISA atau Mastercard yang umumnya dikeluarkan oleh bank. Dengan kartu debit tipe baru berlogo VISA atau Mastercard pada kartu debit, kartu debit tersebut juga akan memiliki CVV sehingga kartu debit ini juga dapat digunakan untuk belanja online.

Ya, selain kartu kredit, beberapa kartu debit juga memiliki CVV. Setidaknya ada 3 perusahaan di dunia, baik penyedia kartu kredit maupun kartu debit yang menerapkan CVV atau security digit semacam ini, yaitu VISA, MasterCard dan Paypal. Sehingga semua kartu kredit berlogo Visa atau MasterCard biasanya memiliki 3 digit nomor CVV di bagian belakang kartu sebelah kanan.

Baca juga :  Letak & Fungsi Serta Manfaat Kode Keamanan Kartu Debit BRI Dan BCA GPN

Kartu debit biasanya memiliki CVV, seperti semua kartu debit saya memiliki CVV. Namun, sekedar berbagi pengalaman, CVV di salah satu kartu debit saya terkikis sehingga angkanya tidak bisa terbaca, dan saat itu saya harus segera membeli tiket pesawat. Karena CVV sudah terkikis habis, saya tidak bisa menggunakan kartu debit. Beruntung saya bisa menggunakan kartu debit lain dan kartu debit yang tergerus CVV saya ganti dengan kartu baru setelah menghubungi bank yang bersangkutan.

Yang dimaksud dengan CVV adalah nilai verifikasi kartu. Formulirnya adalah nomor tiga digit pada kartu kredit Visa dan Mastercard. Tepatnya di bagian belakang kartu. Namun CVV tidak hanya ada pada kartu kredit, tetapi juga kartu debit. Kartu kredit lain juga memiliki CVV, seperti American Express dan Discover. dan jumlah angkanya adalah empat.

Baca juga : Cara Mendapatkan Kode CVV BRI

Berikut adalah Jenis Kartu debit dan kredit Yang Memiliki CVV

1. VISA dan Mastercard

Semua kartu debit dan kartu kredit berlogo VISA dan Mastercard harus memiliki CVV. Pasalnya, CVV sendiri berawal dari keduanya.

Kartu kredit VISA dan Mastercard dapat berlaku di seluruh dunia di merchant yang memiliki kedua logo tersebut. Namun, jangan lupa untuk mengamankan kode CVC.

Kartu debit yang diterbitkan di Indonesia hanya dapat digunakan di Indonesia. Namun, berkat GPN, kartu debit Anda dapat digunakan di semua jenis mesin EDC.

2. PayPal

CVV juga ada di kartu PayPal. Biasanya digunakan ketika pemegang kartu Paypal melakukan pembayaran online.

Bagi pengguna Paypal, sistem akan memberikan opsi CVV yang disesuaikan dengan jumlah nominal transaksi. Ini juga menyediakan beberapa lapisan keamanan untuk pengguna Paypal. Terutama bagi mereka yang sering melakukan transaksi.

3. American Express

Kartu lain yang memiliki sistem CVV adalah American Express. Namun American Express memiliki ciri khas CVV yang berbeda, yaitu security number memiliki 4 digit. Anda juga dapat melihat nomor keamanan ini di bagian depan kartu, tetapi ukurannya jauh lebih kecil, jadi Anda harus melihatnya dengan cermat.