Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengemudi Mobil Diesel Di Tanjakan

Cara Mengemudi mobil diesel di tanjakan – Mengendarai mobil diesel di Jalan Menanjak sedikit berbeda dengan mobil matic. Hal ini dikarenakan karakter mobil diesel yang unik sehingga memerlukan penyesuaian khusus.

Cara Mengemudi Mobil Diesel Di Tanjakan

Belakangan ini, populasi mobil diesel semakin meningkat. Dulu mobil penumpang bermesin diesel hanya dikenal melalui Isuzu Panther, kini hampir semua jenis mobil sudah memiliki varian bermesin diesel. Bahkan hingga saat ini masih ada anggapan bahwa mengendarai mobil diesel lebih menyenangkan daripada mengendarai mobil bensin.

Mobil diesel juga tidak lagi memiliki stigma mesin yang kasar, bodi bergetar, dan asap knalpot berwarna hitam. Bahkan produsen mobil mewah dunia seperti BMW dan Mercedes-Benz, juga menyediakan jajaran mesin diesel untuk setiap modelnya.

Selain lebih hemat bahan bakar, tenaga mesin yang besar menjadi ciri khas mesin diesel. Namun Anda perlu berhati-hati saat mengendarai mobil diesel, karena karakter mesinnya berbeda-beda, butuh sejumlah penyesuaian.

Baca juga : Cara Memindahkan Persneling Mobil Matic Avanza

Memiliki mobil diesel tentunya harus bisa melaju di segala medan di jalan raya. Itu juga harus dipelajari berulang-ulang. Apalagi mobil Anda adalah mobil manual yang membutuhkan kopling manual dan perpindahan transmisi.

Tentunya Anda harus benar-benar konsentrasi saat mengendarai mobil diesel manual. Apalagi saat Anda berkendara di tengah kemacetan. Anda harus tetap sabar dan konsentrasi saat mengendarainya.

Ada hal lain yang sulit dilakukan oleh pengemudi mobil diesel manual, yaitu saat jalan berada di jalan yang menanjak dan terjebak macet. Tentu membutuhkan keahlian dan fokus ekstra.

Sebab, jika salah memasukkan gigi atau tidak pandai menyetel kopling dan gas, mobil malah bisa mundur. Hal ini dapat membahayakan kendaraan di belakang Anda.

Jika Anda menginjak pedal gas yang salah, maka kopling akan susah ditekan. Oleh karena itu bagi anda yang merupakan pengendara pemula yang ingin mengetahui cara mengatasi saat berkendara di jalan menanjak yang macet.

Baca juga : Cara Mengendarai Mobil Gigi Mitsubishi Colt L300

Berikut adalah Cara Mengemudi mobil diesel di tanjakan

1. Periksa Level Kemiringan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat mengendarai mobil diesel di tanjakan adalah tingkat medan. Anda bisa memilih gigi sedang jika kemiringan medan yang Anda tempuh tidak terlalu ekstrim. Jika medan yang Anda tempuh memiliki kemiringan yang ekstrim, Anda bisa menggunakan gigi rendah.

2. Menggunakan kopling setengah

Saat mengendarai mobil diesel dan menanjak di kemacetan lalu lintas, Anda harus siap mengerem dan memposisikan diri di gigi rendah. Anda bisa menerapkan tiga cara pengereman yaitu dengan mencoba memulai dengan rem tangan, kemudian rem kaki dan menggunakan kopling 'setengah' jika mengendarai mobil manual. Anda harus banyak berlatih untuk bisa menerapkan cara ini, karena memang sulit untuk dilakukan.

3. Menerapkan Rem Tangan 

Saat berkendara dan menghadapi kemacetan di posisi menanjak, pilihlah teknik rem tangan daripada rem kaki dan gunakan kopling setengah. Ini akan mengantisipasi jika kaki Anda lelah menekan rem. Anda juga harus dalam kondisi prima saat mengendarai mobil, terutama dalam perjalanan jarak jauh.

4. Gunakan rem kaki saat berhenti

Kaki yang sering menempel pada pedal kopling dapat menyebabkan kopling menjadi aus, sehingga diperlukan teknik pengereman kaki yang dikombinasikan dengan memainkan pedal gas dan kopling. Apalagi jika Anda berada dalam kondisi lalu lintas yang tidak terlalu padat. Jika situasi tidak terlalu padat, Anda harus pandai bermain buka-tutup gas, hingga lalu lintas kembali lancar.

5. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Demi menjaga keselamatan saat berkendara, selalu berikan jarak yang ideal dengan kendaraan lain saat berkendara di tanjakan. Jaraknya adalah sejauh mungkin tidak terlalu dekat atau terlalu jauh.