Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan History Google Chrome Yang Terhapus Di Android

Cara mengembalikan history google chrome yang terhapus di android -  anda tidak perlu khawatir karena di dalam browser Google Chrome terdapat sebuah cara untuk mengembalikan riwayat google chrome yang terhapus.

Cara Mengembalikan History Google Chrome Yang Terhapus Di Android

Untuk pengguna Google Chrome, pernahkah Anda ingin menelusuri riwayat tetapi tidak ada apa-apa? Sangat menyebalkan jika kita ingin membuka website sebelumnya, tapi historynya sudah terhapus.

Kejadian seperti ini bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Salah satunya adalah kita bisa mengakses history yang sebelumnya sudah terhapus di android !

Di browser Google Chrome terdapat fitur yang bernama My Activity atau jika diterjemahkan menjadi My Activity. Fitur ini hanya bisa ada jika browser menggunakan versi terbaru. Baik di versi komputer maupun android, keduanya sudah memiliki fitur ini sejak diperbarui.

Baca juga : Cara Mengembalikan History Maps Yang Terhapus

Berikut adalah cara mengembalikan history google chrome yang terhapus di android

  1. Pertama masuk ke Google Chrome jika Anda belum pernah melakukannya.
  2. Kemudian, kunjungi Aktivitas Saya setelah masuk ke bagian opsi. Bagian ini berlaku untuk  komputer, laptop, PC dan android
  3. Kemudian di bagian opsi lagi, Anda dapat memilih "Chrome" y= untuk melihat daftar riwayat yang jauh lebih kecil.
  4. Nanti My Activity akan mengelompokkan kembali history sebelumnya. cukup klik tombol "Item Lainnya" untuk melihat berbagai halaman.
  5. Disinilah Anda bisa melihat kembali berbagai history google chrome yang dilengkapi dengan waktu dan juga perangkat yang digunakan untuk membuka dan mengembalikan yang telah terhapus.
  6. Perlu dicatat bahwa history yang muncul adalah kombinasi perangkat komputer dan android.
  7. Selesai

Menggunakan Command Prompt - Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Command Prompt. Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa dilakukan di komputer karena hanya tersedia di situ.

Metode ini akan berfungsi jika komputer belum pernah dimatikan sebelumnya. Untuk langkah-langkahnya simak penjelasan berikut ini.

Masuk ke Prompt Perintah - Anda bisa pergi ke Start->All Programs->Accessories->Command Prompt atau Anda bisa pergi ke Start->ketik kotak dialog "cmd". Setelah masuk ke program Command Prompt, lalu ketik "ipconfig (spasi)/displaydns" lalu tekan enter.

Anda hanya perlu menunggu sampai proses benar-benar selesai. Jika sudah, Anda dapat melihat daftar berbagai situs yang telah Anda masukkan. Namun sekali lagi, berbagai history yang ditampilkan adalah sebelum komputer dimatikan. Kemudian Anda hanya perlu menuliskan situs web mana yang ingin Anda kunjungi kembali.

Metode one in memiliki kelemahan yang jelas, yaitu daftar history akan hilang jika komputer sudah dimatikan sebelumnya. Selain itu, cara ini juga tidak menampilkan waktu saat kita browsing. Apalagi untuk melakukan pencarian harus dilakukan secara manual.

Baca juga : Cara Mengembalikan Password Yang Terhapus di Chrome

Menggunakan Folder Data Pengguna - Cara terakhir adalah dengan menggunakan folder data pengguna yang terdapat di windows explorer. Cara ini hanya berlaku jika Window yang digunakan memiliki Restore Point. Jika tidak, maka metode ini tidak dapat dilakukan. Untuk mengetahui caranya, berikut ulasannya.

  • Buka Komputer Saya atau Windows Explorer.
  • Kemudian ketik saja "C:\users\computername\Appdata\Local\Google\Chrome" lalu enter.
  • Jika folder bernama Data Pengguna muncul, klik kanan dan pilih "Pulihkan Versi Sebelumnya" pada menu.
  • Tunggu beberapa saat karena komputer akan restart nanti.
  • Setelah login kembali, kemudian buka kembali riayat Google Chrome dan lihat pada bagian History. Semua situs web yang dikunjungi sebelumnya telah kembali.
  • Bisa dibilang cara ini hanya untuk orang yang sudah ahli saja, mengingat banyak fitur restore point yang sangat rumit.
  • Selesai

Demikianlah cara mengembalikan history google chrome yang terhapus. Semoga bermanfaat !!