Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Flash

Cara mengembalikan data HP yang sudah di flash - berikut ini beberapa langkah mudah dan praktis yang bisa kamu coba lakukan saat data di ponsel Android kamu terhapus secara tidak sengaja.

Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Flash

Di era yang serba modern ini, kehadiran laptop dan handphone seakan tidak bisa dipisahkan dari segala bentuk aktivitas sehari-hari. Tak heran jika kemudian perangkat menjadi semacam penyimpan data penting. Mulai dari data pribadi, perbankan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Namun, pernahkah Anda berada dalam situasi di mana data berharga tersebut terhapus secara tidak sengaja? 

Bukan sekedar panik, tentunya siapa saja yang berada di posisi ini akan merasa bingung dan khawatir bukan? Namun jangan khawatir, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah data terhapus baik di HP maupun laptop Anda.

Selain laptop dan komputer, beberapa orang juga sering mengeluhkan datanya yang sering tidak sengaja terhapus di ponsel Android yang digunakan sehari-hari. Seperti diketahui, Android merupakan salah satu bentuk sistem operasi terpopuler dari berbagai merek smartphone di dunia.

Baca juga : Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik

Berikut adalah Cara mengembalikan data HP yang sudah di flash

Gunakan Aplikasi Dr. Fone - Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi data pada smartphone Android yang tidak sengaja terhapus adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah Dr. phone. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi di laptop atau komputer Anda. Kemudian, sambungkan ponsel Anda ke perangkat menggunakan kabel data USB.

Secara otomatis, aplikasi ini akan mulai mengidentifikasi data pada perangkat. Setelah itu, layar akan menampilkan direktori berbagai jenis file yang memang dapat dipulihkan.

Selama tahap ini, Dr. Fone akan secara otomatis melakukan root pada ponsel Android yang Anda gunakan. Tunggu hingga proses selesai dan pemindaian file juga akan dilakukan.

Selanjutnya, pilih dokumen yang ingin Anda pulihkan, cukup tampilkan pratinjau dokumen yang dimaksud. Jika pratinjau dokumen dapat dijalankan, maka dokumen dapat dipulihkan. Setelah itu, pilih dokumen dan klik pulihkan, dan file yang sebelumnya dihapus dapat kembali lagi.

Cara Mengembalikan Data yang Dihapus di iPhone - Setelah mengetahui langkah-langkah untuk memulihkan data dan dokumen yang terhapus dari laptop atau komputer atau ponsel Android, sekarang tahu cara mengembalikan data yang terhapus di perangkat iPhone. Sebelum memulai, penting untuk memastikan bahwa layanan pencadangan otomatis diaktifkan di iPhone.

Kemudian, masuk ke akun iCloud Anda melalui laptop atau komputer Anda. Setelah itu, buka pengaturan atau setting, lalu cari dan temukan opsi lanjutan. Selanjutnya Anda akan melihat tiga opsi berbeda, yaitu restore contact, calendar, dan files.

Cukup pilih data atau dokumen yang ingin Anda pulihkan, lalu pilih opsi pemulihan. Secara otomatis, semua data yang dihapus dan ingin dipulihkan akan diproses dan dipulihkan seperti biasa. Namun perlu diketahui, bahwa cara memulihkan data dan dokumen yang terhapus di perangkat iPhone hanya berlaku untuk pengguna yang telah mengaktifkan opsi pencadangan otomatis di akun iCloud mereka.

Kesimpulan :

Anda bisa gunakan cara lain untuk memulihkan data yang terhapus. Misalnya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga khusus untuk perangkat iPhone yaitu Recovery atau PhoneRescue yang dapat diunduh melalui App Store.