Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik

Cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik - Ada banyak cara untuk memulihkan data yang hilang di Android karena reset pabrik. Dan cara termudah adalah jika Anda telah menyinkronkan semua data Anda dengan akun Google Anda. Jadi setelah mengatur ponsel Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google maka semua data Anda akan kembali.

Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik

Data adalah hal utama dan privasi dalam sebuah perangkat, baik di ponsel, laptop/PC atau berupa data fisik yang Anda bawa setiap hari. Mengamankan data merupakan hal penting yang harus selalu Anda lakukan setiap saat. Jangan lengah dengan data Anda, terutama mengenai privasi Anda. Saat ini banyak orang yang tidak bertanggung jawab mengincar data Anda, oleh karena itu Anda harus menjaganya dengan baik.

Reset pabrik adalah solusi terakhir yang dapat dilakukan pengguna jika mereka mengalami masalah dengan ponsel Anda. Sebenarnya langkah ini tidak disarankan karena akan menyebabkan semua data Anda hilang. Ini akan mengatur ulang pabrik semua pengaturan telepon seolah-olah Anda pertama kali membukanya termasuk datanya juga akan kosong.

Meski begitu, proses ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu dapat meningkatkan kinerja ponsel menjadi lebih stabil. Selain itu, dapat menghilangkan banyak bug aplikasi atau sistem yang tersimpan di memori penyimpanan ponsel. Jadi biasanya setelah melakukan reset pabrik ponsel Anda akan lebih mudah dan semua kesalahan sebelumnya akan hilang secara otomatis. 

Baca juga : Cara Agar HP Tidak Di Reset Dari Jarak Jauh

Apakah Data Hilang Setelah Factory Reset?

Saat Anda menginstal aplikasi ke penyimpanan ponsel Anda, dan kemudian Anda menghapus aplikasi tersebut, data tidak sepenuhnya hilang. Ponsel Anda masih memiliki penyimpanan sementara yang menyimpan data Anda selama Anda tidak mematikan perangkat. Namun, jika perangkat Anda restart, biasanya data di penyimpanan sementara (cache) akan hilang atau terhapus.

Ini berbeda dengan reset pabrik. Reset pabrik akan menghapus data Anda sepenuhnya sampai ke root. Dengan begitu Anda akan kesulitan memulihkannya jika terjadi kesalahan dalam proses ini.

Bisakah Anda Memulihkan Data Setelah Reset Pabrik?

Seperti yang di katakan sebelumnya, Factory Reset dapat menghapus semua yang ada di perangkat Anda. Tapi, Anda tidak perlu khawatir? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan data setelah Factory Reset. Ini bahkan jika Anda tidak memiliki file cadangan atau tidak menyinkronkannya ke akun Google Anda. Nah, dalam hal ini saya akan memberikan beberapa langkah cara mengembalikan data di Android setelah melakukan Factory Reset.

Pastikan sebelum melakukan Factory Reset, Anda telah menyinkronkan semua data Anda melalui akun Google. Jadi setelah proses Pabrik selesai, Anda dapat masuk kembali ke akun Google Anda dan mulai memulihkan data Anda dari Google Cloud ke perangkat Anda.

Berikut adalah cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik

1. Buka Pengaturan ponsel Anda, lalu pilih Akun => Google

2. Sinkronisasi saat ini pada semua elemen yang tersedia, dari kontak, kalender, dan data lainnya.

Untuk mengembalikannya, Anda cukup memasukkan kembali Akun Google Anda setelah melakukan Factory Reset, maka data Anda akan kembali normal secara otomatis.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan - Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data Wondershare untuk memulihkan data Android Anda. 

Kesimpulan :

Anda bisa melakukannya menggunakan komputer dengan menghubungkan ponsel ke PC/laptop. Kemudian lakukan pemulihan data pada drive penyimpanan internal ponsel yang dibaca di komputer Anda. Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk anda.