Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Gagal Bayar Asuransi

Cara mengatasi gagal bayar Asuransi - Dengan beragamnya daftar asuransi yang bermasalah tentu membuat Anda merasa resah dan bingung ketika harus memilih produk asuransi. Namun, Anda dapat menerapkan beberapa tips memilih perusahaan asuransi terbaik di bawah ini agar Anda tidak gagal membayar dalam produk asuransi.

Cara Mengatasi Gagal Bayar Asuransi



Berikut adalah cara mengatasi gagal bayar Asuransi

1. Pastikan Anda terdaftar di OJK

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan produk asuransi dari perusahaan asuransi adalah memastikan perusahaan tersebut terdaftar di OJK. Sangat mudah caranya, Anda dapat mengunjungi laman https://www.ojk.go.id/ dan mencari daftar perusahaan asuransi yang telah memperoleh izin.

2. Periksa rekam jejak perusahaan

Anda dapat melihat ulasan dari pelanggan lain di media sosial atau blog. Coba periksa apakah perusahaan menerima banyak ulasan negatif atau tidak.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua masalah asuransi murni kesalahan perusahaan asuransi. Terkadang terjadi kesalahpahaman antara agen asuransi atau broker asuransi dengan nasabah atau kesalahan nasabah sendiri, sehingga memberikan penilaian negatif terhadap perusahaan asuransi.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa bagaimana reputasi perusahaan dalam beberapa tahun terakhir. Bisa melalui media online, berita di televisi, dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Bayar Asuransi Lewat BSI Mobile Banking

3. Pilih perusahaan asuransi dengan RBC tinggi

Risk Based Capital (RBC) dapat menjadi tolak ukur Anda untuk menilai apakah perusahaan asuransi tersebut baik dan terpercaya atau tidak.

RBC sendiri merupakan rasio solvabilitas yang dapat digunakan untuk mengukur keamanan finansial suatu perusahaan asuransi. Berdasarkan peraturan OJK, perusahaan asuransi yang sehat dan baik memiliki RBC di atas 120%.

4. Memiliki berbagai macam mitra

Selain memeriksa apakah perusahaan asuransi memiliki cabang yang luas, Anda juga perlu memeriksa apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki rekanan yang luas atau tidak.

Umumnya, perusahaan asuransi yang baik memiliki rekanan atau rekanan yang luas dan tersedia di sebagian besar wilayah di Indonesia, termasuk wilayah domisili Anda saat ini.

Kesimpulan :

Selain dapat menjamin perusahaan yang terpercaya, perusahaan asuransi yang memiliki partner yang luas juga akan memudahkan Anda ketika ingin menggunakan produk asuransi dan tentunya minim risiko gagal bayar Asuransi.