Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memutar Setir Mobil Di Tikungan

Cara memutar setir mobil di tikungan - Ada bisa menggunakan satu tangan, atau memutar setir dengan kedua tangan secara bersilangan, bahkan sambil memegang setir dengan tangan terangkat. teknik ini sering disebut dengan gaya 'memukul'. itulah teknik memutar setir yang benar saat mobil berbelok. Akan tetapi setiap pengemudi memiliki gaya mengemudi yang berbeda, Termasuk memutar setir saat berbelok.

Cara Memutar Setir Mobil Di Tikungan

Sebenarnya Ada satu teknik yang direkomendasikan dan merupakan teknik dasar berkendara. Namanya tarik dan dorong atau hand to hand, jadi tarik dulu lalu dorong dengan tangan yang lain. Untuk lebih memahami teknik dasarnya adalah dengan menggunakan satu tangan untuk menarik setir, kemudian gerakan melingkar dapat dibantu dengan tangan yang lain untuk mendorong setir.

Baca juga : Cara Berhenti Di Tanjakan Agar Tidak Mundur

Berikut adalah Cara memutar setir mobil di tikungan

  1. Jarum harus selalu di posisi jam 9 dan 3 atau posisi jam 10 dan 2
  2. Misalnya belok atau belok kanan, tarik tangan kanan ke bawah hingga tertahan di angka 6 
  3. Pada saat yang sama, tangan kiri mendorong hingga 1 searah jarum jam
  4. Jika Anda tidak berputar, ulangi prosesnya
  5. Gerakkan tangan kanan ke jarum jam 1 lalu tarik ke bawah lagi 
  6. Sementara itu, posisikan tangan kiri Anda ke jarum jam 9 sambil mendorong 

Kesimpulan :

Penerapan teknik ini tergantung pada sudut belok mobil. Ketika satu tarikan sudah cukup, tangan lainnya cukup untuk menahan setir (tanpa mendorong) untuk mempertahankan kendali.

Teknik ini memenuhi unsur kenyamanan dan keamanan. Tidak hanya itu, cara ini memiliki kekuatan yang kuat.

Pengemudi juga disarankan membiasakan diri dengan teknik memutar setir dengan cara ini. Dari sisi keselamatan, setir selalu digenggam dan menghindari tangan yang bersilangan.

Saat satu tangan menarik setir, tangan lainnya juga mendorong sebagai stopper, menjaga keseimbangan setir.  Sehingga ketika dihadapkan pada posisi genting yang mengharuskan pengemudi bergerak secara refleks, tangan akan cepat mengkondisikan manuver kemudi, sehingga upaya pengendalian mobil bisa maksimal.