Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berhenti Di Tanjakan Agar Tidak Mundur

Cara berhenti di tanjakan agar mobil tidak mundur - Bagi pengendara pemula yang mengendarai mobil dengan transmisi manual, menanjak merupakan tantangan tersendiri. Apalagi jika jalan tersebut dilalui oleh kemacetan lalu lintas yang mengharuskan mobil berhenti di tanjakan. Jika Anda seorang pemula, Anda bisa terbalik saat mengemudi menanjak dan berpotensi menyebabkan kecelakaan dengan menabrak mobil di belakangnya. 

Cara Berhenti Di Tanjakan Agar Tidak Mundur

Berikut adalah cara berhenti di tanjakan agar mobil tidak mundur

1. Menggunakan rem tangan

Agar mobi tidak mundur ditanjakan -  Anda harus memakai rem tangan, letakkan kaki kiri Anda di pedal kopling dengan tekanan penuh. Sementara kaki kanan tetap standby untuk menginjak pedal gas, sedangkan tangan kiri siap mengendalikan tuas rem tangan.

Saat mobil berhenti, tarik rem tangan dan tekan pedal kopling hingga mobil tertahan di tanjakan tetapi mesin masih hidup. Pertahankan selalu gigi mobil di posisi 1.

Saat mobil mulai, tekan kunci pada tuas rem tangan dan turunkan rem tangan secara perlahan. Kemudian secara bersamaan, injak pedal gas hingga sekitar 2000 Rpm disertai dengan mengangkat kopling ke posisi setengah (jangan dilepas sepenuhnya).

Karena memilih menggunakan sistem kopling setengah, usahakan RPM mesin di atas 2000 Rpm dengan kecepatan mobil yang tidak terlalu tinggi.

Saat mobil di depan berhenti lagi, segera angkat tuas rem tangan dan injak pedal kopling. Perlu diingat, lakukan langkah menyetel rem tangan dan kopling secara bersamaan agar mobil tidak mundur.

Baca juga : Cara Mengemudi Mobil Diesel Di Tanjakan

2. Menggunakan / Bermain pedal rem

Jika ingin menggunakan teknik ini, disarankan bagi yang sudah ahli dalam mengendalikan mobil manual. Saat mobil berhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri dan tekan pedal rem dengan kaki kanan. Saat akan berjalan, gerakkan kaki kanan ke pedal gas sambil segera menekannya hingga sekitar 2000 rpm dengan cepat. Secara bersamaan, angkat pedal kopling ke posisi setengah agar mobil tidak terguling ke belakang.

3. Menginjak pedal rem dan kopling secara bersamaan

Saat berhenti di tanjakan, tekan kedua pedal sekaligus yaitu pedal rem dan kopling menggunakan kaki kiri, mobil otomatis berhenti dan mesin hidup. Gunakan transmisi di gigi 1.

Saat mobil hendak distarter, injak pedal gas hingga sekitar 2000 Rpm dan bersamaan dengan itu, angkat kaki kiri Anda untuk perlahan-lahan angkat kopling dan rem ke posisi setengah. 

Gunakan teknik kopling setengah tapi pedal rem juga siap, dan ketika mobil di depan berhenti, Anda langsung menekan kaki kiri untuk menghentikan mobil tanpa mematikan mesin agar tidak mundur ke belakang.

Kesimpulan :

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendarai mobil saat berhenti di tanjakan agar tidak mundur. Sebelum melakukannya, alangkah lebih baik jika Anda melakukan simulasi di lapangan terbuka untuk menghindari kecelakaan.