Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca Di HP VIVO Dan OPPO

Kartu SIM tidak terbaca di HP VIVO dan OPPO - Bukan tanpa alasan kartu SIM yang Anda gunakan tidak bisa terbaca atau terdeteksi di HP vivo dan oppo. Selain usia, ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca Di HP Vivo Dan OPPO

Salah satu hal penting yang memungkinkan pengguna smartphone untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, dan mengakses sesuatu secara online adalah kartu SIM. Tanpa objek ini, smartphone tidak dapat digunakan secara maksimal. Nah, salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan kartu SIM adalah tidak bisa terbaca atau terdeteksi oleh smartphone yang digunakan.

Hal yang paling umum adalah Anda secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel cerdas Anda, menyebabkan kartu SIM jatuh dari tempatnya. Namun, ada juga beberapa hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Baca juga : Apakah RAM 2GB Bisa Main Mobile Legend 2022

Berikut adalah Penyebab Kartu SIM tidak terbaca di HP Vivo dan Oppo

1. Kartu SIM  Sudah Lama Digunakan

Semua perangkat yang Anda gunakan memiliki usia, termasuk kartu SIM di hp vivo dan oppo. Biasanya dalam waktu 3-5 tahun pemakaian, bahan plastik dan kuningan pada kartu SIM akan terdegradasi sehingga kurang layak untuk digunakan. Jika kondisi ini dibiarkan semakin parah, maka akan menyebabkan kartu SIM tidak terbaca oleh smartphone.

2. Kuningan Kartu SIM Rusak

Salah satu komponen penting pada kartu SIM agar bisa terbaca oleh smartphone vivo dan oppo adalah kuningan. Dimana, kuningan berfungsi sebagai penyimpan data pengguna di dalamnya. Oleh karena itu, kuningan pada kartu SIM yang rusak karena terlalu banyak gesekan bisa menjadi penyebab utama kartu SIM tidak terbaca.

3. Kartu SIM Panas

Posisi SIM Card di smartphone memang berada di area yang rawan panas sehingga ketika smartphone kamu mengalami panas bisa menyebabkan SIM Card rusak dan tidak terbaca oleh smartphone.

Langkah-Langkah Cara Mengatasi Kartu SIM di HP vivio yang Tidak Dapat Dibaca

Setelah memahami alasan mengapa kartu SIM tidak dapat terbaca oleh sistem di smartphone Anda, maka Anda dapat memahami cara memperbaikinya. 

Baca juga : Cara Mengatasi Lag Bermain Game Free Fire di Android RAM 1GB

1. Bersihkan Kartu SIM

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Kartu SIM tidak terbaca di HP Vivo dan Oppo  adalah dengan mengeluarkan dan kemudian mulai membersihkannya. Bersihkan debu yang menempel pada kartu SIM sehingga mengganggu kinerjanya. Anda dapat menggunakan penghapus untuk menggosok kartu SIM dengan lembut.

Setelah dibersihkan, Anda dapat memasangnya kembali dan menunggu kartu SIM merespons untuk terhubung ke jaringan smartphone.

2. Mengganti Kartu SIM Lain

Cara ini dilakukan agar Anda mengetahui sumber kerusakan dari  Kartu SIM tidak terbaca di HP Vivo dan Oppo. Jika menggunakan kartu SIM lain dapat dengan mudah terbaca, maka bisa dipastikan kartu SIM tersebut rusak. Namun, jika kartu SIM lain tidak berfungsi sebaik yang sebelumnya, maka slot kartu SIM smartphone yang bermasalah.

3. Lakukan Reset Jaringan

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kedua slot SIM Card digunakan, jika Anda memiliki dua slot SIM Card. Hal ini dilakukan untuk mengetahui masalah sebenarnya yang disebabkan oleh operator seluler yang Anda gunakan. Anda juga dapat melakukan pengaturan secara manual dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih Network & Internet, pilih Mobile Network dan Access Point Names.

Dimana, cara ini bisa digunakan untuk mengatur setting APN secara manual pada jaringan dan service provider yang digunakan.

4. Melakukan Reset Pabrik Smartphone

Cara terakhir secara manual yang bisa Anda lakukan jika cara-cara sebelumnya belum berhasil adalah dengan melakukan factory reset. Dimana, cara ini akan membuat smartphone kembali dari awal seperti baru. Hanya saja perlu anda ketahui bahwa setiap pengaturan yang telah dilakukan sebelumnya akan terhapus seperti akun dan aplikasi yang ada di dalamnya sehingga anda harus mengantisipasinya dengan melakukan backup terlebih dahulu.

5. Konsultasikan Layanan Pelanggan

Jika semua cara yang digunakan tidak berhasil, maka cara yang paling efektif adalah dengan bertanya kepada customer service provider yang Anda gunakan. Bisa jadi Kartu SIM tidak terbaca di HP Vivo dan Oppo karena telah diblokir karena suatu hal.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat kartu SIM tidak bisa terbaca dan penyebab utamanya. Kartu SIM sangat penting untuk digunakan, terutama bagi Anda yang memiliki dua slot kartu SIM.