Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Monitor PC Menjadi TV

Cara Merubah monitor PC menjadi TV - Salah satu cara untuk dapat menonton acara televisi di monitor komputer adalah dengan menambahkan sebuah alat yang bernama TV Tuner, alat ini merupakan alat tambahan yang berfungsi untuk menampilkan saluran tv, seperti pada umumnya.

Cara Merubah Monitor PC Menjadi TV

Ada beberapa jenis tv tuner, seperti tv tuner untuk komputer yang menggunakan CPU untuk menyalakannya, dan ada juga tv tuner tanpa harus menggunakan CPU. 

Berikut Adalah Cara Merubah Monitor PC menjadi TV 

Langkah pertama untuk Merubah monitor PC menjadi TV siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain:

  • TV Tuner
  • Kabel VGA
  • Stop kontak
  • Antena

Baca Petunjuknya - Jika Anda membeli TV tuner baru, biasanya dilengkapi dengan manual untuk pemasangan, pemeliharaan, penggunaan, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum melakukan instalasi sebaiknya pelajari terlebih dahulu buku manual tersebut dengan seksama agar nantinya pada saat proses instalasi dapat berjalan dengan baik tanpa ada kesalahan.

Siapkan Antena - Untuk Merubah monitor PC menjadi TV, membutuhkan antena agar gambar yang dihasilkan jernih. Adapun antena yang bisa anda gunakan sama dengan antena tv biasa. Namun pastikan antena yang Anda gunakan berkualitas baik agar gambar yang dihasilkan juga akan maksimal.

Gunakan Kabel VGA - Agar monitor dapat berubah menjadi TV , maka Anda harus menggunakan kabel VGA. Cara pemasangannya adalah dengan memasukkan kabel VGA ke port pada TV tuner atau monitor. Pastikan Anda memutar sekrup pada kabel VGA agar tidak mudah lepas.

Colokkan Kabel Antena - Saat antena sudah siap, langkah Anda selanjutnya tinggal mencolokkan kabel antena ke port yang tersedia. Pasang Tv Tuner dan Adaptor Monitor ke dalam soket Kedua perangkat memerlukan listrik untuk menyala, jadi colokkan adaptor ke stopkontak.

Coba Nyalakan - Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah dicoba. Pastikan gambar terlihat dan hasilnya jernih, jika sudah maka dipastikan proses instalasi tv tuner berhasil. Sedangkan jika gambar yang dihasilkan kurang jelas, maka periksa antena yang digunakan.

Kesimpulan :

Kehadiran TV Tuner ini sangat bermanfaat, apalagi jika anda memiliki monitor bekas yang sudah tidak digunakan lagi akan jauh lebih bermanfaat untuk menonton tv daripada tidak terpakai.