Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyambung Jalur Kabel Kapasitor Pompa Air Shimizu

Jalur kabel kapasitor pompa air shimizu - pada mesin pompa air shimizu terdapat tiga jenis warna kabel yang berbeda, dan setiap warna biasanya memiliki fungsi yang perlu anda ketahui sebelum melakukan penyambungan.

Cara Menyambung Jalur Kabel Kapasitor Pompa Air Shimizu

Bagi yang sudah membeli pompa air  shimizu tentunya ada kabel yang menghubungkan ke sumber listrik. Jika tidak ada berarti pabrikan mesin pompa tidak menyediakannya, dan Anda harus membelinya sendiri di toko elektronik.

Warna kabel kapasitor pompa air Shimizu

Biasanya ada tiga warna kabel kapasitor pompa air Shimizu, yaitu kabel merah, biru dan kuning. Yang perlu disambung hanya merah dan biru saja karena yang kuning itu grounded atau berfungsi sebagai penangkal petir / colokan anti petir yang dicolokkan ke ground. 

Namun, saat ini orang jarang menggunakan kabel kuning atau jam di elektronik mereka. Sekadar informasi, biasanya setiap merk dan tipe mesin pompa air memiliki warna kabel yang berbeda dengan yang lain, namun sebagian besar sama. Dan jika ada diantara kalian yang memiliki pompa air shimizu dan tiba-tiba mati atau mengalami kerusakan lainnya.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Bosch Pump Dan Injection Pump

Berikut adalah Cara menyambung jalur kabel kapasitor pompa air shimizu

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menyambung jalur kabel kapasitor pompa air shimizu adalah membeli kabel terlebih dahulu di toko elektronik yang menyediakannya, dan anda harus membeli dengan kualitas kabel yang bagus agar bisa bertahan lama.

Sekedar saran, lebih baik menggunakan kabel kawat, bukan yang berserat. Karena seratnya mudah terbakar dan mudah putus, tidak seperti kabel, tentunya kawat akan lebih awet.

1. Pilihlah saklar atau steker (On/Off) yang berkualitas baik, karena jika menggunakan steker yang murah akan terbakar jika dilakukan dalam waktu yang lama dan itu sudah terbukti dengan banyaknya orang yang menggunakan barang murah dengan kualitas yang kurang baik

2. Kemudian lakukan penyambungan jalur kabel kapasitor pompa air shimizu dengan kabel yang mudah ditutup dengan insulasi nantinya. Hanya dua yang Anda hubungkan adalah merah dan biru, karena yang kuning adalah ground.

3. Bungkus setiap sambungan kabel yang telah Anda buat dengan isolasi yang rapat. saran saja, gunakan insulasi warna hitam dan jangan sampai kabelnya keluar atau terkelupas, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting.

Itulah cara menyambung jalur kabel kapasitor pompa air shimizu, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.