Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Tagihan Gas PGN

Cara menghitung tagihan Gas PGN - Pelanggan yang menggunakan Gas PGN bisa terlebih dahulu menghitung tagihan sebelum membayar tagihan gas PGN sesuai volume pemakaian.

Cara Menghitung Tagihan Gas PGN

PT. GAS PGN menerbitkan invoice pembayaran pada tanggal 6 setiap bulannya, dan memberikan batas waktu pembayaran pada tanggal dua puluh. Jika Anda terlambat membayar, Anda akan dikenakan denda sebesar "Rp. 150.000". Jika Anda tidak melakukan pembayaran selama satu bulan, PGN akan menyegel tetapi tidak mencabut meteran. Namun, jika bulan ketiga tidak melakukan pembayaran, meteran akan dicabut.

Anda bisa untuk mengecek dan bayar tagihan PGN online 24 jam kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi PPOB terpercaya. caraya cukup dengan mengisi nomor pelanggan PGN Anda, Anda dapat dengan mudah melunasi tagihan Anda.

Pastikan Anda melunasi tagihan PGN Anda dari tanggal 6 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya, jangan sampai telat untuk membayar tagihan karena bisa dikenakan denda. Jadi lunasi tagihan Anda tepat waktu agar kebutuhan Anda selalu terpenuhi tanpa harus membayar denda.

Baca juga : Cara Bayar PDAM Lewat Mobile Banking BTN

Berikut adalah Cara Menghitung Tagihan Gas PGN

1. Rumah Tangga "RT-1" -> "Rp. 4.250 per m3" atau sebanyak "empat ribu dua ratus lima puluh rupiah" per meter kubik

2. Rumah Tangga "RT-2" ->"Rp. 6.000 per m3" atau sebanyak "enam ribu rupiah" per meter kubik

3. Pelanggan Kecil "PK-1" -> "Rp. 4.250 per m3" atau sebanyak "empat ribu dua ratus lima puluh rupiah" per meter kubik

4. Pelanggan Kecil "PK-2" -> "Rp. 6.000 per m3" atau sebanyak "enam ribu rupiah" per meter kubik

Harga ini menggantikan harga lama "Rp. 2,495 per m3" untuk pelanggan "RT-1" dan PK-1. Dan "Rp 2.995" untuk golongan "RT-2" dan "PK-2” 

Catatan : 

Harga untuk pembayaran tagihan GAS PGN per m3 bisa berubah sewaktu-waktu sesuai yang di tetapkan oleh PT. GAS PGN Indonesia.

Cara membaca meteran gas PGN - Sekarang Pelanggan tidak perlu khawatir akan tagihan GAS PGN mereka naik akibat pembayaran yang menumpuk. Karena sekarang anda membaca meteran gas PGN secara mandiri.

Berikut adalah Cara membaca meteran gas PGN

  1. Pertama, foto terlebih dahulu nomor-nomor yang tertera pada meteran stand rumah anda
  2. Selajutnya kirim dengan format Nomor Pelanggan # Nomor Meter. Tapi ingat, angka yang tertulis di keterangan foto hanya ditulis dengan warna hitam.
  3. Setelah semuanya selesai, selanjutnya anda tinggal mengirimkan foto tersebut WhatsApp ke nomor 083820341177

Cara kedua, untuk membaca meteran gas PGN bisa melalui aplikasi Rekam Meter Mandiri PGN. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Playstore. 

  1. Pertama masukkan kata kunci Rekam PGN Mandiri Meter di Google Playstore lalu unduh.
  2. Setelah berhasil mendownload dan mendaftar, sekarang silahkan langsung masuk ke akun yang sudah terdaftar. Jika Anda belum mendaftar, silakan mendaftar terlebih dahulu. 
  3. Selanjutnya pilih tombol 'Registrasi Langsung' dengan gambar pensil di kanan bawah. Kemudian ambil foto "stand meter" dan upload di aplikasi ini. Agar nomor stand meteran bisa terlihat dengan jelas, tinggal foto saja nomornya.
  4. Selesai

Mekanisme billing GAS PGN menggunakan perhitungan pemakaian selama tiga bulan terakhir. Misalnya, ada pelanggan PGN yang pada Desember menggunakan 9 meter kubik gas PGN, kemudian pada Januari 10 meter kubik dan Februari 11 meter kubik. Jadi, rata-rata pelanggan menggunakan 10 meter kubik. Maka PT PGN juga akan memperkirakan penggunaan pelanggan ini pada Maret sebanyak 10 meter kubik.

Bagaimana jika ternyata jumlah sebenarnya tidak sebesar itu?

Pelanggan tidak perlu khawatir karena PGN akan melakukan pencatatan yang sebenarnya. Jika ternyata terdapat perbedaan antara perkiraan pemakaian dengan kondisi sebenarnya, maka PT PGN akan melakukan koreksi tagihan pada bulan berikutnya.

Seluruh pembayaran tagihan bulanan PGN dapat dilakukan melalui mobile banking, internet banking atau e-commerce. Silahkan hubungi Contact Center PGN di 15000645 jika ada informasi yang kurang jelas.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Menghitung Tagihan dan Membaca meteran Gas PGN, semoga bisa membantu anda semuanya. Terima kasih !!