Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Orang Yang Mengambil Uang Kita Di ATM

Cara mengetahui siapa yang mengambil uang kita di atm BRI / BNI  / BCA  dan Mandiri - caranya cukup mudah, hanya dengan cek saldo di rekening anda, jika berkurang berarti ada yang mengambilnya.

Cara Mengetahui Orang Yang Mengambil Uang Kita Di ATM

Anda mungkin sering bertanya-tanya, kenapa uang di ATM yang kita miliki bisa hilang ?  ini merupakan salah satu kejahatan dalam dunia perbankan yang disebut dengan Skimming yang paling sering menimpa nasabah perbankan.

Penyebab Uang di ATM Kita Bisa Hilang

Penyebab utama masalah uang di ATM BCA / BNI / BRI / Mandiri tiba-tiba menghilang tak lain adalah skimming. Bagi yang belum tahu, skimming merupakan perilaku kriminal yang menyerang perbankan. Pelaku skimming dapat mengambil uang di ATM dengan cara meretas sistem keamanan.

Sebelum mengetahui cara mudah mengelola uang hilang di ATM. Mari simak pengertian dan penjelasan tentang kejahatan skimming berikut ini.

Baca juga : Tanda Mesin ATM BRI & BCA Kehabisan Uang

Apa yang di maksud dengan Skimming ATM ?

Skimming adalah tindakan mencuri informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin secara tidak sah informasi yang terdapat pada magnetic stripe kartu kredit atau debit.

Skimming merupakan salah satu jenis penipuan yang termasuk dalam metode phising. Phising merupakan ancaman kejahatan yang dilakukan dengan cara mencuri data-data penting dari orang lain, misalnya data bank seperti nomor rekening, data ATM seperti nomor kartu dan PIN.

Pelaku ATM skimming biasanya mengincar kartu debit atau kredit beserta PIN atau Personal Identification Number dan 16 digit "atau antara 13-19 digit" Payment Account Number "PAN" yang merupakan identitas khusus kartu tersebut.

Fisik dan tampilan kartu yang Anda miliki juga biasanya sama dengan kartu debit atau kredit orang lain. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan pelaku untuk melancarkan aksi skimming ATM.

Pelaku akan memodifikasi perangkat keras atau perangkat lunak "hardware dan software" alat pembayaran atau menggunakan skimmer "pembaca kartu" yang dipasang di slot kartu mesin ATM.

Bentuk alatnya persis menyerupai bentuk slot kartu mesin ATM. Alat tersebut kemudian akan merekam informasi dari kartu ATM korban dan menggandakan kartu ATM korban menggunakan data yang telah dikumpulkan dari alat skimming ke kartu blanko miliknya.

Kartu tersebut nantinya dapat digunakan oleh pelaku dengan menggunakan PIN yang sebelumnya diperoleh dari korban melalui kamera pengintai yang sebelumnya dipasang pelaku di mesin ATM.

Baca juga : Apakah ATM Terblokir Bisa Cek Saldo

Cara melacak uang yang hilang di ATM BNI, BCA, BRI, dan Mandiri

  1. Pertama, datangi Bank tempat anda membuka rekening 
  2. Selanjutnya beritahu custamer service tentang kronologi kejadian dan sampaikan berapa banyak uang yang hilang di ATM
  3. Beritahu bahwa kartu ATM Anda sedang skimming dan Anda ingin memblokirnya demi keamanan saldo di kartu tersebut.

Cara Mengamankan Uang di ATM Agar Tdak Dicuri Orang

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan kartu debit/kredit Anda. 

1. Tanda tangani bagian belakang kartu ATM, Tepatnya pada panel tanda tangan resmi pemegang kartu yang berada di bawah pita magnetik.

2. Saat memilih nomor PIN ATM, hindari angka atau huruf yang mudah ditebak. Hindari menggunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon, atau kombinasinya.

3. Hafalkan nomor PIN yang Anda miliki dan saat Anda menekan nomor PIN, baik di ATM maupun di mesin EDC. Pastikan juga untuk menutupi tombol, sehingga tidak terlihat oleh orang lain. Ganti PIN ATM yang anda miliki secara berkala.

4. Jangan membagikan data atau informasi kartu ATM Anda dengan orang yang tidak dikenal atau pihak lain.

5. Memeriksa setiap lembar slip transaksi, dan juga memperhatikan aktivitas rekening melalui ATM atau iBanking, dan mencocokkannya dengan slip transaksi untuk memastikan bahwa transaksi yang tercantum pada laporan rekening terpadu atau laporan konsolidasi sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Jangan pernah menandatangani slip transaksi kosong, Segera laporkan ke bank jika ada ketidaksesuaian atau kesalahan.