Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi kartu ATM tidak bisa digunakan - Jika mengalami masalah seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan datang langsung ke Customer Service bank pada hari kerja dengan membawa KTP atau SIM atau paspor, buku tabungan dan kartu ATM yang rusak.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan

Kartu debit / ATM yang ditolak oleh mesin merupakan indikasi bahwa kartu ATM tidak bisa digunakan. Jika anda mengalami masalah kartu ATM tidak bisa bertransaksi, karena ATM tidak terbaca mesin dan selalu ditolak sebelum memasukkan PIN adalah hal biasa.

Selain tidak bisa menggunakan kartu, beberapa masalah yang sering terjadi dalam transaksi Anjungan Tunai Mandiri antara lain lupa PIN ATM, bahkan uang tidak keluar saat melakukan transaksi penarikan padahal saldo sudah dipotong dan masalah teknis lainnya.

Arti kode error pada mesin ATM (Tampil di layar monitor)

1 Untuk ATM BRI (semua jenis tabungan)

Kartu atm bri dinonaktifkan -> Ada Kode Error Host 34 adalah kartu ATM Anda sudah expired. Harap melakukan perubahan dengan membawa buku rekening, kartu ATM dan KTP.

Host Error Code 70 artinya Anda disarankan untuk mengganti PIN kartu ATM Anda. Silakan ganti PIN ATM Anda melalui ATM BRI atau bank EDC, disarankan agar PIN ATM mudah diingat tetapi tidak tanggal lahir Anda atau mudah ditebak orang lain.

Host Error Code 97 berarti ATM BRI yang digunakan bermasalah. Silakan bertransaksi di ATM BRI lainnya, disarankan di ATM Link.

Jika ATM BRI offline, Error, uang tidak keluar. Mohon perhatikan terminal id atm di sebelah kiri tombol PIN. Kemudian konfirmasi ke Bank BRI melalui @contact BRI – Twitter, Call BRI 14017/1500017 atau bisa langsung datang ke kantor Bank BRI terdekat.

2. Untuk ATM Mandiri, (Pesan ditampilkan di layar) -> Kartu atm mandiri tidak bisa digunakan

Transaksi tidak dapat diproses -> Ada 3 kemungkinan jika ada pesan di layar seperti ini:

  • Mesin ATM mandiri mengalami masalah jaringan
  • Strip magnetik atau pita hitam kartu ATM terkelupas atau rusak
  • Masa berlaku kartu ATM Mandiri telah habis

Catatan :

Coba cek saldo Anda melalui mesin lain, minimal 3 jenis mesin ATM, baik di bank Anda maupun jaringan lain. Jika masih belum bisa digunakan, nasabah harus segera menghubungi bank terkait untuk memperbaiki pencetakan kartu baru.

1. ATM tidak diperbolehkan

Biasanya penyebab error jenis ini adalah karena saldo rekening di bawah saldo minimum, sehingga ATM otomatis diblokir oleh sistem, untuk dapat digunakan kembali harus segera mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri pada jam kerja

2. Data tidak ditemukan

Untuk jenis warning ini ada 2 kemungkinan yang bisa dianalisis yaitu jaringan ATM mengalami gangguan sehingga tidak terkoneksi dengan server bank dan kemungkinan kedua data rekening anda telah diblokir oleh pihak bank.

3. Kartu keluar sendiri

Penyebab masalah ini adalah pemblokiran PIN kartu ATM Mandiri, baik karena salah memasukkan PIN maupun karena kebijakan bank sebagai upaya pencegahan transaksi mencurigakan.

Baca juga : 3 Penyebab Maaf Untuk Sementara ATM Tidak Dapat Memproses Transaksi Ini

Berikut adalah Cara Mengatasi kartu ATM tidak bisa digunakan 

Cara mengatasinya adalah anda langsung hubungi bank yang bersangkutan dengan membawa buku tabungan sesuai identitas asli nasabah.

Secara umum penyebab kartu ATM tidak terbaca dan tidak bisa bertransaksi mengacu pada beberapa faktor, yaitu:

  1. Strip magnetik hitam pada ATM rusak atau tergores (scratched)
  2. Masa berlaku kartu ATM telah habis
  3. ATM diblokir karena kesalahan PIN 3 kali

Ada satu tips yang harus kamu coba jika kartu kamu ditolak di satu mesin, kamu juga harus mencobanya dulu di mesin lain, bisa di sesama bank, atau di jaringan LINK, Cirrus, Prima, Visa, dan ATM Bersama. .

Terkadang mesin ATM tertentu terlalu sensitif terhadap bahan (kotoran) yang menempel pada kartu debit sehingga mesin tidak dapat mendeteksinya dengan baik.

Ada juga yang terlalu sensitif terhadap goresan chip dan kartu magnetik sehingga goresan sekecil apa pun akan mempengaruhi kinerja sensor kartu.