Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek ID Pelanggan GAS PGN

Cara cek ID Pelanggan PGN - Anda dapat melihat ID Pelanggan GAS PGN pada faktur atau tanda terima pembayaran sebelumnya. Umumnya, nomor ID Pelanggan berjumlah 8 digit angka.

Cara Cek ID Pelanggan GAS PGN

Perusahaan Gas Negara atau biasa disingkat "PGN" merupakan perusahaan nasional terbesar di Indonesia di bidang distribusi minyak yang berperan dalam penyediaan gas dalam negeri. orang sering menyebutnya sebagai gas alam.

Bagi anda yang memasang gas alam di rumah tentunya akan sangat beruntung karena penggunaan gas alam masih belum merata, masih di sekitar perkotaan yang belum sepenuhnya masuk ke pelosok desa.

Menggunakan gas alam di rumah untuk memasak memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan harus menggunakan tabung gas LPG karena kita tidak perlu repot lagi untuk mengisi ulang gas.

Selain itu, keuntungan menggunakan LPG adalah kita hanya perlu membayar tagihan sebulan sekali. berbeda dengan tabung gas yang anda beli di toko, jika habis anda harus membeli lagi dan harus bolak balik mengisi ulang.

Baca juga : Mau Bayar GAS PGN ? Bisa Lewat m Banking BNI

Bagaimana cara membayar Gas Alam / PGN ?

Pembayaran gas alam dapat dilakukan di berbagai tempat yaitu secara online melalui aplikasi resmi PGN, melalui minimarket yaitu Alfamart atau Indomaret dan melalui aplikasi Tokopedia & Shopee.

Bagi yang memiliki akun bank dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank, cukup pilih menu billing -> pilih Gas PGN -> masukkan kota tempat tinggal, lalu masukkan ID pelanggan.

Baca juga : Cara Menghitung Tagihan Gas PGN

Penyebab ID Pelanggan GAS PGN tidak ditemukan 

1. Salah memasukkan nomor ID pelanggan

Bagi Anda yang baru pertama kali membayar tagihan gas, Anda akan sering kesulitan menemukan nomor id pelanggan Anda. Biasanya kita bingung menentukan "ID pelanggan GAS PGN" yang ada di struk di bulan sebelumnya.

Kode ID pelanggan GAS PGN adalah 8 digit dan Anda dapat menemukannya di bagian atas sebelum rincian tagihan bulanan. di sana juga biasanya tertera dengan jelas bahwa ada ID pelanggan tertulis di atasnya. namun setiap jenis kwitansi pembayaran tagihan berbeda tergantung dimana kita membayar tagihan tersebut.

2. Pembayaran GAS PGN Tertunda

Bagi Anda yang memiliki tunggakan tagihan gas, biasanya Anda tidak bisa lagi membayar melalui loket pembayaran atau transfer bank. Anda cukup membayarnya dengan mengunjungi "kantor pusat gas PGN" yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Biasanya akan ada notifikasi jika Anda menunggak tagihan bulanan dan harus diselesaikan sebelum tagihan berikutnya muncul.

Juga akan ada denda yang harus dibebankan jika pembayarannya menunggak. Saya tidak tahu pasti berapa biaya tunggakan karena biasanya ditentukan dari masing-masing daerah atau ada faktor lain yang menentukan besaran dendanya.

Setelah tagihan Anda tidak lagi menunggak, Anda dapat melakukan pembayaran di outlet mana pun. tapi kalau gak bayar lagi harus ke kantor pusat lagi

3. Terjadi gangguan pada sistem pembayaran GAS PGN

Jika ingin melakukan pembayaran namun muncul notifikasi bahwa nomor pelanggan tidak dapat ditemukan, bisa jadi karena gangguan. pengalaman admin saat bayar tagihan gas di indomaret muncul notifikasi seperti itu juga, kasir bilang susah.

Masalah gangguan saat membayar tagihan di minimarket atau gerai lain juga sama hasilnya. saya merekomendasikan mencoba lagi lain waktu atau besok.