Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Komponen Bosch Pump Dan Fungsinya

Komponen Bosch Pump pada mesin diesel berfungsi untuk menekan bahan bakar solar yang kemudian diteruskan ke injektor untuk diatomisasi dan dikirim ke ruang bakar.

9 Komponen Bosch Pump Dan Fungsinya

Berikut adalah 9 Komponen Bosch Pump Dan Fungsinya

1. Pemegang Katup / Valve Holder

Penahan katup pengiriman adalah bagian dari pompa bosch yang terletak di bagian paling ujung. Fungsinya sebagai outlet dan penyambung pipa (HPP) ke injektor.

2.  Katup pengiriman pegas / Spring delivery valve

Spring delivery valve merupakan bagian dari bosch pump berupa pegas pir yang digunakan untuk mengatur buka tutup delivery valve. Pegas ini terletak di dalam pemegang katup pengiriman.

3. Cincin Katup Pengiriman / Delivery Valve Ring

Delivery Valve Ring merupakan bagian dari bosch pump berupa ring tembaga yang berfungsi untuk mencegah kebocoran antara jarak delivery valve dengan plunger.

4. Katup pengiriman / Delivery valve

Delivery valve merupakan bagian dari bosch pump berupa pintu (valve) yang dapat dibuka dan ditutup oleh tekanan bahan bakar yang dipompa oleh plunger. Fungsinya untuk mengatur kapasitas material yang keluar dari bosch pump.

5. Rak Kontrol / Bosch Pump

Bagian pompa bosch selanjutnya adalah rak kontrol. Rak kendali ini berfungsi untuk menggerakan gear pinion yang berfungsi untuk mengatur bahan bakar solar yang masuk ke bosch pump.

6. Pinion Slever / Kontrol Gigi

"Control slever gear pinion" merupakan bagian dari "bosch pump" sebagai tempat dudukan tuas plunger. Tuas plunger akan berputar ke kanan dan ke kiri yang dikendalikan oleh control rack untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan dipompa oleh plunger.

7. Pendorong / Pusher

Plunger adalah inti dari pompa bosch. Pulser bertugas memompa (membuat tekanan) sehingga solar yang keluar dari bosch pump adalah solar stream bertekanan tinggi yang bisa mencapai 2000 bar.

8. Pegas pendorong / Push spring

Bagian pompa bosch selanjutnya adalah spring plunger. Spring plunger ini merupakan pegas yang berfungsi untuk mengembalikan tuas plunger ke posisi semula setelah dipompa.

9. Pompa Tappet / Bosch

Dan bagian terakhir dari pompa bosch adalah tappet. Tappet ini bergesekan langsung dengan cam shaft (noken as) dan menggerakkan tuas plunger maju mundur untuk memberi tekanan pada bahan bakar.