Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab daun pintu rumah turun dan cara mengatasinya

Penyebab pintu rumah turun itu bisa dikarenakan ada masalah pada engsel pintu, jenis kayu dan jarak pemasangan pintu itu sendiri.

Penyebab daun pintu rumah turun dan cara mengatasinya

Jika pintu di rumah Anda mengalami masalah seperti yang di atas, ada baiknya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui apa sebenarnya yang salah dengan memasang kusen atau daun pintu tadi. 

Bukan 100% salah pengrajinnya karena faktor alam juga sangat berpengaruh. Semua benda di dunia ini secara alami memiliki titik pemuaian yang berbeda, begitu juga dengan daun pintu. 

Kayu solid, seperti jati, tidak banyak mengalami pemuaian, meskipun akan tetap terjadi pemuaian dan penyusutan, tetapi lebih baik daripada kayu dengan tekstur longgar, seperti akasia dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah penyebab daun pintu rumah turun dan cara mengatasinya

1. Engsel Pintu

Salah satu akar penyebab masalah  pintu rumah / daun pintu turun adalah jika engsel tidak mampu menopang berat pintu maka yang akan terjadi adalah pintu akan jatuh dan akhirnya tidak muat lagi kusennya. 

Cara mengatasinya untuk pintu rumah yang turun adalah dengan memiilih engsel yang berkualitas. Apalagi jika Anda menggunakan pintu yang berukuran besar dan tinggi. Maka beratnya juga akan lebih banyak, posisi engsel juga penting, misalnya jarak dari lantai 30 cm, dan engsel di atas 50 cm.

2. Jenis kayu daun pintu

Seperti yang saya katakan sebelumnya, tekstur kayu solid akan lebih baik dalam ketahanan susut dan ekspansi. Jadi pilihlah kayu dengan kualitas yang mumpuni untuk daun pintu rumah anda. 

Hindari memiih pintu kayu yang memiliki tekstur kurang padat seperti kayu meranti, pinus. Jika Anda menggunakan kayu yang masih basah atau muda, sebaiknya dibiarkan saja atau dimasukkan ke dalam oven untuk hasil terbaik.

3. Jarak aman pemasangan pintu rumah

Jarak normal dan aman pemasangan pintu rumah harus dibedakan berdasarkan posisinya. Pintu yang menghadap ke luar atau sering terkena sinar matahari harus dibedakan dengan pintu yang berada di dalam dan tidak terkena sinar matahari. 

Cara mengatasinya adalah => Anda perlu mempertimbangkan apakah sekarang ini musim kemarau atau hujan. Biasanya untuk pintu rumah bagian dalam jarak normalnya sekitar 4 mm, jika di luar jaraknya 1 sampai 2 mm.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Penyebab daun pintu turun dan cara mengatasinya, semoga dapat membantu.