Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Ring Seher Ninja RR Rusak

Ciri-ciri ring seher Ninja RR rusak => Jika anda menghidupkan motor ninja RR dalam posisi langsam tetapi mendengar suara kasar, itu tandanya ring seher / piston rusak. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menjalar ke stang seher. Dan jika dinding silinder tergores maka ini bisa mengakibatkan gerakan stang piston tidak stabil atau goyang.

Ciri-Ciri Ring Seher Ninja RR Rusak

Hal ini biasanya dikarenakan usia motor motor ninja RR yang semakin tua, apalagi jika sering menarik gas secara spontan. 

Jika ring seher dan piston mulai melemah maka anda harus segera menggantinya, maksimal perjalanan dengan motor ninja RR15000 km. Jika mendengar suara mesin motor ninja RR kasar sebaiknya segera diganti karena jika dibiarkan dikhawatirkan akan menjalar ke blok mesin.

Suara mesin Ninja RR termasuk paling halus di antara motor 2 tak pada umumnya. Jika Anda bingung kenapa mesin Ninja tiba-tiba terdengar kasar padahal belum pernah diganti itu pertanda ring seher Ninja RR rusak. 

Baca juga : 5 Penyebab Motor Ngebul Hitam Saat Di Gas

Berikut adalah 3 penyebab ring seher Ninja RR rusak

1. Pemakaian Oli samping 

Oli samping adalah salah satu bagian terpenting dari rantai sepeda motor 2 tak. Jika motor ninja 2 tak tidak diisi oli samping, maka motor anda tidak akan bertahan lama, dan bisa menyebabkan ring seher rusak. 

Maka untuk itu jangan sampai motor anda kehabisan oli samping dan selalu gunakan oli samping yang sesuai standar pabrik.

2. Terlalu Miskin dalam Bahan Bakar 

Untuk poin ini yang tidak kalah penting sob, untuk itu jika sudah mengganti knalpot standar pada motor ninja RR dengan knalpot racing sebaiknya juga ganti pilotjet dan mainjetnya. 

Hal ini agar kebutuhan mesin sesuai, karena jika bahan bakar tidak mencukupi maka akan menyebabkan mesin menjadi overheat atau kepanasan. Jika hal ini dibiarkan nanti resiko ring seher Ninja RR menjadi rusak dan lemah sehingga suara mesin menjadi kasar.

Baca juga : 5 Penyebab Karburator Mobil Banjir Pada Saat Mesin Hidup

3. Kerusakan Bearing Crankshaft 

Untuk poin terakhir, gejala yang dapat menyebabkan ring seher Ninja RR rusak bisa disebabkan oleh Bearing Crankshaft yang rusak. 

Gejala umum biasanya mesin bergetar hebat dan suara mesin paling keras di bagian bawah piston. Jika ini terjadi, maka Anda harus bersiap untuk membongkar mesin. Karena jika dibiarkan, kerusakan akan merambat ke bagian lain.

Maka untuk itu sobat harus selalu menjaga agar kondisi seher / piston motor Ninja RR tetap dalam kondisi prima dan selalu siap untuk diajak beraktivitas sehari-hari.