Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Link Yang Terhapus

Cara mengembalikan tautan yang dihapus -  Ini sangat mudah, link website yang sudah dipublikasikan di internet sebenarnya sudah tersimpan di webcache browser. Jika kita ingin mengunjunginya lagi, maka gunakan saja fitur-fitur yang disediakan oleh webcache dan archive.

Cara Mengembalikan Link Yang Terhapus

Lalu, bagaimana cara mengembalikan link situs webiste yang tidak bisa di akses karena alasan kelebihan beban, error, server down atau tidak bisa dibuka sama sekali menggunakan browser google ? kita bisa memanfaatkan fitur webcache dan mengaksesnya untuk sekedar mengetahui isinya seperti apa.

Terkadang saat kita ingin membuka sebuah website terjadi error atau sudah dihapus oleh pemiliknya sehingga tidak memungkinkan untuk mengunjungi halaman tersebut. 

Kesalahan dapat disebabkan oleh berbagai masalah teknis lainnya. Dan oleh karena itu kita membutuhkan peran webcache yang dapat mencegah kita untuk mengunjungi web tanpa harus mengunjunginya.

Siapa yang sering mendengar istilah cache ? Bagi Anda yang sering menggunakan komputer atau smartphone, tentu sangat familiar dengan istilah yang satu ini. Cache sendiri adalah bentuk sementara dari memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Dalam pengertian lain, cache berarti memori berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara prosesor dan memori utama "RAM" berkecepatan rendah.

Cache di atas adalah pengertian umum. Bagaimana hubungannya dengan situs web? Web Cache juga hampir sama dengan cache di memori perangkat kita yang sebenarnya. Merupakan komponen kecil yang menyimpan data dari website yang telah dijalankan sebelumnya, sehingga tidak perlu memulai dari awal ketika ingin mengaksesnya kembali.

Jadi jika Anda menemukan website yang error atau sudah terhapus, maka jangan khawatir, sebenarnya data yang ditampilkan tidak hilang begitu saja, tetapi masih tersimpan di penyimpanan sementara yang disebut webcache.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuka kembali link atau tautan website yang sudah terhapus atau error? Jawabannya adalah dengan menggunakan webcache dan arsip.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pentingnya cache ini untuk kecepatan akses sebuah website. Dengan cache ini, pengunjung dapat mengakses website atau blog dalam waktu singkat, karena tidak perlu mengulang proses akses.

Baca juga : Cara Mengembalikan History Maps Yang Terhapus

Berikut adalah Cara mengembalikan link situs website yang terhapus

  1. Pertama kunjungi situs web yang menyediakan webcache atau penampil arsip, seperti cachedview.com, cachedpages.com, atau archive.org
  2. Masukkan alamat domain utama situs web ke dalam kotak URL dan klik "google webcache" untuk melihat seluruh situs web
  3. Maka secara otomatis akan membuka tab baru dan Anda akan mendapatkan tampilan web kurang lebih seperti link aslinya.
Kelebihan cacheview adalah bisa menampilkan informasi baik teks maupun foto yang berguna untuk kepentingan membuat postingan di ruang kosong selanjutnya.

Apa perbedaan antara cache web google dan cache browser ?

Pada dasarnya sama, tetapi Anda dapat menampilkan situs web dengan kesalahan link menggunakan kedua fitur tersebut.

Catatan : 

Cara ini sangat berguna bagi anda yang ingin mendapatkan sumber dari internet, namun jika ternyata LINK situs tiba-tiba tidak hilang dan tidak bisa diakses menggunakan pencarian google. Kita bisa menggunakan data yang sudah tersimpan di arsip untuk akses nanti. Sekian dan terima kasih, semoga ulasan diatas dapat membantu !!