Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cetak Rekening Koran Untuk Semua Bank

Sebagian dari Anda pasti pernah mendengar istilah giro. Rekening giro atau rekening koran merupakan salah satu berkas persyaratan yang sering diminta pada saat pembuatan visa, claim invoice, pengajuan pinjaman dan lain-lain.

Cara Cetak Rekening Koran Untuk Semua Bank

Apa itu Rekening Giro / Koran ?

Meskipun merupakan istilah yang umum, beberapa dari Anda mungkin tidak begitu mengetahui apa itu rekening koran. Berasal dari bahasa Belanda yaitu courant, pengertian rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara keseluruhan dalam suatu rekening, baik rekening milik perorangan maupun rekening milik badan usaha. Dokumen ini nantinya akan memberikan informasi mengenai saldo awal, mutasi debet, mutasi kredit, hingga saldo akhir.

Dulu, sebelum teknologi berkembang seperti sekarang ini, nasabah hanya bisa melihat detail data transaksi melalui dokumen ini. Namun, saat ini nasabah dapat melihat seluruh daftar transaksi hingga mutasi rekening setiap hari, minggu bahkan bulan, hanya melalui internet banking.

Rekening giro memiliki banyak manfaat dan sering dijadikan sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan. 

1. Proses Aplikasi Visa

Mungkin beberapa negara telah mengecualikan aplikasi visa untuk orang Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Namun sayangnya, beberapa negara, seperti Jepang, Australia, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa, masih mewajibkan Anda memiliki visa untuk masuk ke negara-negara tersebut.

Nah, jika Anda ingin liburan atau perjalanan kerja ke negara yang membutuhkan visa, biasanya salah satu syarat untuk mengeluarkan visa adalah dengan melampirkan dokumen ini. Dalam mengajukan visa, penggunaan rekening giro adalah untuk memvalidasi bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk bepergian ke luar negeri. .

2. Syarat Meminjam Uang

Tahukah Anda saat ini, jika Anda ingin mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dari bank-bank di Indonesia, Anda perlu menyerahkan beberapa dokumen persyaratan yang perlu Anda lampirkan. . .

Sebut saja KTP, KK, NPWP, buku nikah, slip gaji, akta kerja dan rekening tiga bulan terakhir. Dokumen rekening ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa Anda dapat mengembalikan uang yang telah Anda pinjam.

3. Lihat Ringkasan Transaksi

Rekening giro memiliki kegunaan yang lebih signifikan, yaitu dapat melihat ringkasan transaksi yang lebih lengkap.

Misalnya pada tanggal 20 April Anda melakukan transfer sebesar Rp5 juta untuk membayar cicilan. Jika buku tabungan hanya menunjukkan jumlah uang yang keluar, dokumen ini mampu menampilkan detail transaksi yang lebih lengkap. Meliputi rincian waktu, jumlah dana, beserta informasi tentang uang itu akan digunakan untuk apa.

4. Bukti Hukum

Kegunaan penting lainnya dari rekening giro / koran adalah dokumen ini dapat menjadi bukti hukum yang sah jika sewaktu-waktu Anda terlibat masalah dengan pihak lain, terkait mutasi pada rekening Anda.

Misalnya, ketika Anda membeli sesuatu di toko online. Namun, toko memberi tahu Anda bahwa tidak ada uang yang diterima atas nama akun Anda, sehingga pesanan Anda tidak dapat diproses. Nah, dengan melihat dokumen ini, Anda memiliki bukti kuat bahwa Anda memang telah mentransfer sejumlah uang ke toko.

5. Audit Perusahaan

Bagi beberapa perusahaan, dokumen ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan atau instansi. Penggunaan dokumen rekening koran adalah untuk melihat aliran uang masuk dan keluar dari suatu perusahaan. Hal ini terjadi ketika ada perhitungan ganjil dan jumlah uang tidak sesuai dengan kas perusahaan.

6. Persyaratan Lelang

Bagi Anda yang berminat mengikuti lelang, dokumen ini juga menawarkan kegunaan yang dapat mempermudah bisnis Anda. Dalam banyak kasus, syarat yang harus dipenuhi saat mengikuti lelang adalah melampirkan bukti saldo melalui rekening giro. Khususnya untuk lelang proyek yang diadakan oleh pihak swasta atau pemerintah.

Biaya Cetak Laporan Rekening Koran

Pada prinsipnya biaya cetak rekening koran bervariasi, tergantung kebijakan bank yang dipilih nasabah. Biaya cetak giro yang dibebankan kepada pelanggan umumnya juga dapat dibayarkan secara tunai, atau dapat juga dipotong langsung dari saldo rekening (auto-debit).

Berikut daftar biaya cetak rekening koran / giro untuk masing-masing bank:

  1. BCA: Rp 2.500 per lembar
  2. Permata: Rp 10.000 per lembar
  3. BNI: Rp 2.000 per lembar
  4. BRI: Rp 5.000 per lembar dengan minimal satu bulan transaksi pencetakan
  5. BTN: Rp 1.000 per lembar
  6. BJB: Rp 2.500 per lembar untuk transaksi kurang dari tiga bulan. Kemudian, untuk jangka waktu 3-6 bulan, dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 akan dikenakan biaya dan untuk jangka waktu 6-9 bulan Rp. 7.000
  7. CIMB Niaga: Rp3.500 per lembar untuk jangka waktu transaksi di bawah tiga bulan. Sedangkan untuk 3 bulan akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000 per lembar
  8. Mandiri: Rp 2.500 per lembar untuk transaksi 3 bulan, sedangkan untuk transaksi 3-6 bulan dikenakan biaya Rp 5.000 per saham, 6-9 bulan Rp 10.000 per saham, 9-12 bulan Rp 15.000, dan selama 12 bulan Rp. 20.000 per lembar.

Waktu yang diperlukan untuk mencetak rekening giro juga dapat bervariasi dari satu bank ke bank lainnya. Namun, proses pencetakan rekening koran seharusnya tidak memakan waktu lama, hanya beberapa menit. Seringkali proses pencetakan yang lama disebabkan oleh antrian yang panjang atau masalah teknis pada mesin cetak.

Saat ini ada beberapa bank yang menawarkan kemudahan mencetak rekening hanya dengan internet banking. 

Nantinya format dokumen yang akan Anda terima adalah dalam format pdf. Dengan kemudahan ini, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang seperti saat mengajukan permohonan pencetakan rekening online secara offline atau ke kantor cabang terdekat.

Berikut cara mencetak rekening koran melalui internet banking untuk semua bank.

Cara cetak rekening koran Bank BCA 

  1. Pertama anda bisa login ke KlikBCA.com
  2. Kemudian, pilih menu "e-Statement"
  3. Setelah itu, pilih jenis akun yang Anda miliki
  4. Selanjutnya, tentukan periode laporan transaksi keuangan yang Anda miliki
  5. Klik unduh atau unduh
  6. Selesai

Cara cetak rekening koran Bank BNI

  1. Pertama masuk ke aplikasi atau website BNI Internet Banking
  2. Kemudian pilih menu akun
  3. Selanjutnya pilih informasi saldo dan mutasi
  4. Kemudian masukkan saldo dan mutasi rekening giro
  5. Pilih periode dalam riwayat transaksi
  6. Akhirnya, Anda dapat langsung mencetak dokumen
  7. Rekening Giro BRI
  8. Login ke internet banking BRI
  9. Kemudian, klik akun
  10. Selanjutnya, klik mutasi akun
  11. Nanti akan muncul formulir di layar Anda
  12. Setelah itu, di kolom "dari akun" pilih akun Anda
  13. Pilih periode transaksi yang ingin Anda cetak
  14. Kemudian, di layar Anda, rincian dana masuk dan keluar akan muncul pada periode yang dipilih
  15. Terakhir, klik print jika ingin mencetak dalam bentuk fisik
  16. Selesai

Cara cetak rekening koran Bank CIMB Niaga Online

  1. Login ke internet banking CIMB Niaga Anda
  2. Selanjutnya, klik "Akun Saya"
  3. Kemudian, pilih "Lihat Riwayat"
  4. Setelah itu, Anda dapat memilih periode transaksi yang ingin Anda cetak
  5. Rekening Giro / koran Independen
  6. Anda dapat login ke Mandiri Online di ponsel atau komputer Anda
  7. Kemudian, pilih menu informasi akun
  8. Klik akun
  9. Kemudian klik pada tabungan dan rekening giro
  10. Pilih jenis transaksi, transfer rekening
  11. Pilih periode transaksi rekening koran / giro yang ingin Anda cetak
  12. Selajutnya catatan transaksi akan muncul di layar dan Anda dapat langsung mencetaknya
  13. Selesai

Persyaratan Memperoleh Rekening Giro / Koran di Kantor Cabang => Dengan Buku Tabungan Asli

Untuk mencetak rekening, nasabah dapat datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa buku tabungan aslinya. Nantinya, Anda harus memberi tahu perwakilan layanan pelanggan bahwa Anda ingin mencetak akun, beserta tujuannya.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Setelah itu, petugas bank akan meminta kartu identitas Anda untuk mencocokkan identitas Anda dengan buku tabungan. Namun, jika Anda tidak bisa membawa KTP, Anda bisa membawa paspor atau Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai gantinya.

Kartu debit

Adapun syarat lainnya, petugas bank akan meminta Anda untuk menunjukkan kartu debit sebagai bukti kepemilikan di bank dan rekening nasabah.