Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab temperatur oli tinggi pada mesin diesel

Penyebab temperatur oli tinggi pada mesin diesel adalah Air radiator yang habis bisa berdampak langsung pada sistem pendinginan mesin yang tidak bekerja maksimal. 

7 Penyebab temperatur oli tinggi pada mesin diesel

Anda harus selalu memperhatikan air radiator, segera tambahkan untuk mencegah temperatur oli tinggi pada mesin diesel.

Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana  oli tinggi pada mesin diesel ? Apalagi sampai mesinnya mengeluarkan asap, jelas akan membuat siapapun panik saat menghadapinya. Kondisi ini sangat mengganggu, apalagi jika Anda tidak mengetahui penyebab kenaikan suhu ini.

Mesin  diesel terlalu panas mungkin terjadi, terutama jika tidak dirawat dengan baik. Keadaan ini harus segera diatasi, karena dapat menyebabkan kerusakan permanen . Untuk mencegah keadaan ini, ada baiknya mengetahui penyebabnya.

Berikut ini adalah 7 Penyebab temperatur oli tinggi pada mesin diesel

1. Salah memilih radiator udara

Selain kehabisan air radiator, salah memilih air radiator juga bisa memicu temperatur oli tinggi pada mesin diesel. Sebagian besar pengguna mobil hanya menggunakan air biasa atau air mineral, masalahnya air ini mengandung mineral dan logam yang dapat menyebabkan penyumbatan radiator atau mesin. Anda harus selalu menggunakan radiator coolant agar proses pendinginan bisa lebih optimal.

2. Masalah Radiator

Kondisi di radiator juga menjadi penyebab paling umum kedua. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan ttemperatur oli tinggi pada mesin diesel seperti selang radiator bocor, kerak dan macet. Kondisi radiator seperti ini akan menghambat sirkulasi air radiator sehingga mesin menjadi mudah panas.

Penyebab lainnya adalah radiator bocor yang disebabkan oleh korosi pada gril radiator. Salah satu penyebab kebocoran ini adalah penggunaan air radiator yang salah yang menyebabkan gril radiator terkikis. Akibatnya radiator tidak bisa mendinginkan mesin dengan cepat dan suhu mobil akan cepat naik.

3. Masalah Pompa Air

Tugas utama pompa air adalah mensirkulasikan air radiator ke seluruh mesin untuk mempercepat proses pendinginan mesin. Jika air radiator kotor atau terlalu banyak kotoran yang menumpuk, hal ini dapat menghambat aliran air untuk bergerak melalui pompa, akibatnya temperatur oli tinggi pada mesin diesel.

4. Minyak / Oli pada mesin diesel

Oli sangat membantu untuk mengurangi gesekan antar logam pada komponen temperatur pada mesin diesel. Oli dengan kualitas buruk akan cepat menguap, sehingga pelumas di ruang mesin akan berkurang. Gesekan ini akan membuat mesin mobil menjadi panas, selain itu level oli mesin yang terlalu rendah juga dapat meningkatkan suhu mesin diesel naik.

5. Kegagalan termostat

Termostat pada mesin mesin diesel memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mengatur suhu mesin. Kegagalan termostat dapat menyebabkan kerusakan pada mesin karena termostat tidak akan terbuka bahkan pada suhu tinggi. Akibatnya, siklus pendinginan mesin tidak akan bekerja karena air radiator berhenti.

6. V-Belt atau Tali Kipas

V-Belt atau sabuk kipas memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kestabilan temperatur oli tinggi pada mesin diesel. Masalah pada V-belt akan berdampak pada terganggunya fungsi pompa air, pada beberapa jenis mesin dieel juga akan mengganggu kinerja kipas radiator. Selalu periksa kondisi V-belt agar selalu dalam kondisi baik. Jika melihat kondisi retak atau sedikit sobek, sebaiknya segera diganti untuk menghindari risiko pecah di tengah jalan.

7. Kipas Radiator Tidak Bekerja

Pada beberapa jenis mesin diesel, kipas radiator dihubungkan dengan V-belt sehingga ketika fungsi V-belt terganggu maka kipas radiator juga akan terganggu. Namun pada beberapa tipe mesin diesel terutama seri baru, kipas radiator menggunakan listrik. Sehingga switching yang rusak, melemah atau bahkan macet akan sangat mengganggu siklus temperatur oli tinggi pada mesin diesel dan akan cepat panas.

Terima kasih telah membaca artikel tentang temperatur oli tinggi pada mesin diesel, semoga bisa membantu anda sekalian.