Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menabung 2 Juta Dalam Sebulan

Cara menabung 2 juta dalam sebulan untuk bisa dilakukan jika pendapatan anda perhari 100rb. ini bisa bisa terapkan untuk siapa saja termasuk ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, anak sekolah dan lain sebagainya.

7 Cara Menabung 2 Juta Dalam Sebulan

Berikut adalah 7 Cara menabung 2 juta dalam sebulan

1. Tetapkan Target Tabungan harian 

Cara pertama untuk menabung 2 juta per bulan adalah dengan menetapkan target menabung perhari 70 ribu. Jika Anda berniat untuk dapat mengumpulkan 2 juta dalam sebulan, maka Anda harus siap untuk membuat komitmen.

Anda perlu mendisiplinkan diri untuk bisa menabung secara teratur, tidak rajin di awal kemudian malas di akhir. Jika hal ini terjadi, maka akan sulit bagi Anda untuk mencapai target tabungan yang telah Anda tetapkan.

2. Atur Jumlah Uang yang Disimpan

Untuk dapat memenuhi target tabungan Anda dalam sebulan mencapai 2 juta, Anda perlu mengatur berapa banyak uang yang Anda simpan dan gunakan untuk keperluan lain. Dengan begitu, Anda tidak akan menggunakan tabungan Anda untuk berbelanja.

Jika pendapatan anda sehari 100 ribu maka setidaknya Anda harus menyisihkan 70 ribu per hari untuk ditabung. Jika Anda mengumpulkannya selama 30 hari, maka jumlah uang yang dapat Anda hemat minimal 2 juta rupiah. Untuk mempermudah mengelola uang yang disisihkan, Anda mungkin bisa membuat tabel tabungan

3. Buat Rekening Tabungan Khusus

Cara menabung 2 juta dalam sebulan selanjutnya adalah dengan membuat rekening tabungan baru khusus untuk menyimpan uang Anda. Pemisahan ini memudahkan Anda untuk mengontrol pengeluaran dan pendapatan.

Anda dapat memilih produk tabungan, seperti TabunganKu yang disediakan oleh bank-bank besar di Indonesia.

Contoh : Mandiri/BNI/BRI/BCA/Cimb Niaga dan lain sebagainya. Jenis tabungan tersebut khusus untuk kegiatan menabung jadi tidak ada biaya administrasi bulanan.

Persyaratan pembukaan rekening TabunganKu baru cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, setoran awal yang perlu Anda serahkan ke bank juga cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 20.000.

4. Buat Catatan Keuangan Perhari

Pengeluaran yang tidak tercatat dapat menggagalkan keinginan Anda untuk menabung karena uang yang seharusnya masuk ke tabungan ternyata digunakan untuk membeli sesuatu. Oleh karena itu, keberadaan catatan keuangan dapat dijadikan pedoman dalam mengatur keluar masuknya uang.

Selain itu, Anda dapat mencatat kebutuhan apa saja yang perlu dipenuhi terlebih dahulu dalam catatan keuangan. Jika suatu barang tidak termasuk dalam prioritas Anda, Anda dapat mencoretnya atau menunda pembelian barang tersebut.

5.  Bawa Makan Siang Anda Sendiri selama kerja

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menekan pengeluaran adalah dengan menekan biaya makan. Anda bisa mengakalinya dengan menyantap sarapan di rumah dan membawa bekal sendiri.

Jika tidak mendapat makan dari tempat anda kerja, ada baiknya membawa perbekalan makan dan membawa air minum sendiri karena lebih hemat dan sehat.

6. Lakukan Puasa bila perlu

Dengan rajin berpuasa berdasarkan ajaran agama yang dipercaya. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan atau minuman.

Tidak hanya menghemat pengeluaran, Anda juga bisa mendapatkan pahala dalam beribadah. Jika sedang merasa tidak enak badan, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menahan lapar dan haus karena kesehatan Anda sendiri masih menjadi prioritas utama.

7. Kurangi memakai uang yang Tidak Perlu

Jika Anda tidak ingin pengeluaran Anda membengkak, maka sebaiknya Anda membatasi bergaul dengan teman-teman. Jika Anda biasanya berkumpul setiap minggu, kurangi menjadi dua kali sebulan maka itu bisa membuat anda bisa kosisten dalam menabung untuk mencapai target 2 juta perbulan.

Itulah pembahasan tentang Cara menabung 2 juta dalam sebulan, semoga bisa menginspirasi anda.