Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Kelistrikan Motor NMAX Mati Total

Penyebab kelistrikan sepeda motor NMAX mati total bisa di akibatkan karena sistem mengalami beberapa masalah, salah satunya dari AKI dan Busi.

6 Penyebab Kelistrikan Motor NMAX Mati Total

Ada beberapa cara untuk merawat komponen motor Nmax, terutama yang berkaitan erat dengan mekanisme kelistrikan.

Contohnya seperti busi yang tentunya akan membutuhkan daya dukung listrik untuk dapat memicu kebakaran saat menstarter mesin motor.

Lalu bagaimana jika kondisi kelistrikan motor Nmax tiba-tiba mati total dan tidak berfungsi? Tentu saja, kinerjanya akan terhambat.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan matic NMAX wajib mengetahui penyebab matinya kelistrikan tersebut.

Berikut adalah 6 Penyebab kelistrikan motor NMAX mati total

1. Kondisi Aki Motor Lemah / Overdrawn

Salah satu penyebab utama matinya motor Nmax adalah kondisi AKI yang sudah mulai melemah atau overdraw.

Kondisi aki yang lemah tentunya akan mengganggu suplai listrik ke beberapa komponen. Mengingat, sebagai komponen utama penyimpanan arus, tugasnya adalah memasok daya.

Jadi, jika lampu, klakson, starter elektrik tidak bisa beroperasi, maka itu tandanya aki pada motor matic / nmax Anda bermasalah atau sudah habis.

Apalagi jika usia motor Anda sudah lebih dari 5 tahun dan belum pernah mengganti aki. Sehingga dapat dipastikan kondisi baterai perlu diganti dengan yang lebih baru agar dapat bekerja dengan baik untuk mensuplai arus atau daya listrik ke setiap komponen.

2. Sekering Putus

Di sisi lain, faktor pemicu lain yang menyebabkan sistem kelistrikan pada motor matic / nmax mengalami masalah, juga bisa disebabkan oleh sekring putus.

Sebab, secara fungsional, sekring itu sendiri berperan sebagai komponen pengaman rangkaian listrik motor saat masuk arus daya yang besar.

Dengan kata lain, adanya sekring pada motor matic seperti nmax tentunya akan dapat meminimalisir terjadinya sengatan listrik berdaya tinggi yang berpotensi membakar kabel-kabel kecil pada rangkaian listrik motor.

Saat motor listrik terindikasi mati dan mesin tidak bisa dihidupkan meski menggunakan kick start, kemungkinan sekring putus.

Tidak berhenti sampai di situ saja, perlu Anda ketahui juga bahwa pada sepeda motor terdapat beberapa sekring yang keberadaannya berfungsi untuk menjalankan setiap komponen.

Jika lampu mati, starter elektrik masih normal dan klakson masih bisa berbunyi, itu tandanya sekring yang terhubung ke lampu putus.

3. Terjadi Korsleting

Kondisi lain yang perlu diwaspadai ketika terjadi masalah pada sistem kelistrikan, Anda harus benar-benar jeli untuk mengecek, apakah terjadi korsleting yang terjadi pada sistem motor listrik.

Umumnya korsleting seperti ini terjadi saat motor nmax dicuci atau kebanjiran. Air yang masuk dan mengenai kabel listrik berpotensi memicu korsleting yang menyebabkan korsleting.

Jika ini terjadi, periksa apakah ada kabel kendor yang terpasang pada bodi/rangka motor. Mengingat, biasanya korsleting seperti ini terjadi pada beberapa kabel motor yang berpeluang terkena air.

4. Rusak pada Spul 

Penyebab selanjutnya motor nmax yang kelistrikan nya mati bisa karena kerusakan yang berasal dari kumparan motor / spul.

Spul disini merupakan komponen yang penting karena fungsinya sebagai pengubah putaran mesin menjadi listrik, dimana tenaga disuplai saat mesin dihidupkan.

5. Kiprok sudah mulai melemah

Kejadian lain yang dapat memicu kerusakan pada kelistrikan motor Nmax dan matic adalah kiprok yang lemah atau rusak.

Kiprok disini bertugas untuk mengatur tegangan yang telah dihasilkan dari putaran spool agar tidak lebih dari 14 V. Artinya, kiprok berperan dalam mengatur besaran daya.

Ketika kiprok pada motor anda sudah melemah maka tegangan yang dikirimkan ke motor listrik otomatis akan melemah “bisa dibawah 10 V” Umumnya kerusakan kiprok dan spool memiliki indikasi yang hampir sama. 

Jadi, untuk mendeteksi dengan tepat di mana letak kerusakannya, Anda harus memeriksanya dengan multimeter yang disediakan di beberapa bengkel khusus aki.

6. Kabel Putus

Sistem kelistrikan pada motor nmax dan matic yang mati total juga tidak menutup kemungkinan adanya masalah pada kabel-kabel tertentu yang putus.

Jika aki masih berfungsi, kiprok dan spool juga normal tapi motor nmax tidak bisa distarter atau lampu mati maka itu tandanya ada masalah pada kabelnya.

Untuk mengetahuinya cukup sulit, mengingat rangkaian kabel pada motor matic / nmax ini sangat rumit dan bersinggungan antara kabel yang satu dengan yang lainnya.

Maka untuk mengeceknya anda perlu membawa motor ke bengkel yang khusus menangani sistem kelistrikan pada motor nmax anda.

Hindari memeriksa diri sendiri jika Anda masih merasa belum ahli. Sebab, untuk mengecek kabel tidak ada masalah, coba ingat-ingat jika ada sedikit kesalahan yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan lainnya.

Sekian dan terima kasih telah membaca, semoga tips di atas yang saya sampaikan bisa membantu.