Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Motor Ngebul Hitam Saat Di Gas

Penyebab motor ngebul hitam saat di gas => Banyak hal yang dapat menyebabkan sepeda motor ngebul hitam saat di gas, salah satunya bisa terjadi karena pasokan bahan bakar yang tidak seimbang/tidak ideal. 

5 Penyebab Motor Ngebul Hitam Saat Di Gas

Apa saja komponen yang menyebabkan campuran tidak ideal?

Dalam kondisi normal, emisinya adalah gas CO yang tidak berwarna. Namun, jika ada warna pada emisi mesin, maka ada yang salah dengan proses pembakaran mesin sehingga saat di gas motor mengeluarkan asap hitam.

Sedangkan asap hitam yang dihasilkan dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan. Jika Motor yang mengeluarkan asap hitam ini bisa mengandung gas belerang yang tentunya lebih berbahaya dari gas CO.

Untuk itu, jangan anggap enteng saat motor atau mobil yang ngebul mengeluarkan asap hitam dari knalpot. Karena bisa menjadi pengundang penyakit bagi Anda dan keluarga.

Baca juga : Penyebab Motor Injeksi Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Berikut adalah 5 penyebab motor ngebul hitam saat di gas

1. Pengaturan Karburator tidak seimbang

Pertama, motor hitam disebabkan oleh pengaturan udara dan bahan bakar yang tidak tepat. Hal ini terjadi pada mesin yang belum menerapkan sistem injeksi, dimana karburator masih merupakan sistem penyuplai bahan bakar.

Pada karburator terdapat dua buah sekrup yang berfungsi untuk mengatur kecepatan idle dan mengatur jumlah bensin yang disuplai. Saat mengatur jumlah bensin yang berlebihan, akibatnya campuran menjadi lebih kaya dan mengakibatkan motor ngebul hitam saat di gas.

Solusi: Solusinya adalah dengan mengencangkan sekrup penyetelan suplai bahan bakar, untuk menutup sebagian bensin yang disuplai dari ruang pelampung.

2. Busi Motor Kotor 

Selain masalah penyesuaian bahan bakar, busi yang kotor juga bisa disebabkan oleh sistem pengapian yang buruk. Secara umum sistem pengapian meliputi koil, unit CDI, dan busi. Namun busi memainkan peran yang lebih ekstrim dari yang lain, karena komponen ini berhubungan langsung dengan kompresi mesin dan suhu pembakaran mesin.

Sehingga busi juga rawan kotor dan berkerak sehingga dapat membuat motor ngebul hitam saat di gas, dan bisa membuat mesin tidak dapat dihidupkan. 

Solusi: Sebagai solusi, ada dua pilihan yang bisa Anda ambil, pertama Anda bisa membersihkan busi sendiri, kedua Anda menggantinya dengan yang baru. Ganti busi jika kondisi busi tidak memungkinkan untuk dibersihkan.

3. Ruang bakar berkerak

Kerak di ruang bakar, sangat mungkin terjadi. Penyebabnya pun bermacam-macam, misalnya karena proses pembakaran yang tidak sempurna atau oli yang terbakar.

Ketika proses pembakaran tidak sempurna terjadi secara terus menerus, dalam kurun waktu tertentu akan muncul sisa pembakaran berupa kerak yang menempel pada ruang bakar. Kerak ini akan menghambat proses penyalaan dan pembakaran sehingga dapat menyebabkan motor ngebul hitam saat di gas.

Solusi: Solusinya, Anda harus membongkar kepala silinder mesin, lalu bersihkan semua kotoran dari kerak yang menempel.

Baca juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Injeksi Susah Hidup Setelah Dicuci

4. Filter udara kotor

Filter yang berfungsi cukup penting pada kendaraan dan berpotensi menghambat proses pembakaran mesin, jika filter sangat kotor  menghalangi aliran udara yang masuk. 

Jika dipaksakan, maka filternya bisa rusak dan ini menyebabkan motor ngebul hitam saat di gas. Jika hal ini terjadi, kotoran yang terbawa dari filter akan mencemari dan menjadi kerak di ruang bakar. Sehingga dapat menghambat pembakaran mesin.

Cara mengatasinya: Masalah ini cukup mudah, Anda hanya perlu membersihkan filter udara secara rutin. Atau jika kejadiannya seperti di atas, maka perlu dilakukan penggantian filter.

5. Kerusakan pada Sensor MAF/IAT (EFI)

Pada sistem EFi, bahan bakar tidak lagi disuplai melalui nosel jet karburator, tetapi disuplai oleh injektor. Pada mesin ini keberadaan sensor sangat penting, misalnya sensor MAF yang berfungsi untuk menghitung massa udara berdasarkan aliran, dan IAT yang berfungsi untuk menghitung suhu udara.

Jika kedua sensor ini bermasalah, maka bisa menyebabkan motor ngebul hitam saat di gas dan membuat bahan bakar yang disuntikkan juga bermasalah atau tidak akurat. Sehingga dapat menimbulkan pembakaran yang tidak sempurna yang mengeluarkan asap hitam.

Solusi : Biasanya saat ada masalah pada sistem kelistrikan EFI, akan ada sinyal pada lampu Check engine yang menyala. Anda harus membawanya ke bengkel resmi untuk dipindai. Jika memang benar sensor ini bermasalah, maka perlu diganti.