Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Dinamo Generator Cepat Panas

Penyebab dinamo generator cepat panas => Hal ini merupakan hal yang wajar, namun berbeda jika mesin dinamo generator mengalami panas yang berlebihan atau biasa disebut dengan overheat. Masalah overheating pada mesin dinamo sangat tidak baik karena dapat membuat mesin penggerak macet dan rusak.

5 Penyebab Dinamo Generator Cepat Panas

Setiap mesin terutama mesin dinamo generator akan mengalami panas pada saat beroperasi. ada baiknya untuk mengetahui beberapa faktor penyebab mesin dinamo overheat yaitu :

Berikut adalah 5 Penyebab dinamo generator cepat panas

1. Air Radiator dinamo generator Habis

Jika dinamo generator sering digunakan, pastikan Anda mengecek air radiator secara rutin, jangan sampai air radiator mengering atau habis dan segera tambahkan air bersih kembali jika volume air berkurang.

2. Minyak Pelumas dinamo genarator Kering 

Bukan hanya air radiator saja yang perlu diperiksa secara rutin, tapi juga oli pelumas pada mesin dinamo generator. Pelumas mesin pada mesin berfungsi untuk mencegah atau mengurangi keausan akibat gesekan langsung antar permukaan logam yang bergerak terus menerus.

3. Tali Kipas dinamo generator Rusak

Di dalam dinamo generator terdapat fan belt yang terpasang untuk menghubungkan putaran mesin dengan kipas radiator . Jika fan belt putus maka kipas dinamo generator tidak akan berputar dan tidak akan ada angin yang dapat mendorong panas keluar dari radiator mesin.

4. Penutup dinamo genarator Rusak

Tutup dinamo genarator pada genset memiliki peranan penting =>  Jika terjadi masalah pada tutup radiator, maka tekanan udara di dalam akan berkurang sedikit demi sedikit karena adanya kebocoran udara. Dengan begitu, titik didih air radiator akan berkurang dan cepat menguap sehingga tidak bisa mendinginkan mesin dinamo generator dengan baik.

5. Mesin dinamo generator Tersumbat / Kotor

Overheat atau panas dapat terjadi karena adanya penyumbatan yang terjadi pada pipa kapiler dinamo generator yang menyebabkan air dari radiator tidak mengalir dengan lancar. dinamo yang kotor atau berkerak juga akan langsung menghalangi kontak air dengan permukaan dan kisi-kisi radiator sehingga panas tidak hilang dengan baik dan Hal inilah yang biasanya menyebabkan mesin dinamo mudah overheat.

Catatan :

Jadi sangat penting untuk selalu memperhatikan kelancaran sistem pendingin atau beberapa komponen lain yang mempengaruhi kelancaran mesin dinamo generaotr yang Anda gunakan. Periksa setiap komponen dengan benar dan teratur kemudian service jika ada indikasi kerusakan.