Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menabung di Celengan Agar Cepat Banyak

Cara menabung di celengan agar cepat banyak - Tujuannya semata-mata untuk menarik perhatian anak agar lebih semangat dalam menyisihkan uang.

5 Cara Menabung di Celengan Agar Cepat Banyak

Celengan adalah wadah yang biasanya terbuat dari plastik, timah, tanah liat, atau bahan lain dengan berbagai bentuk. 

Jika Anda melihat kembali masa kecil Anda, kebanyakan orang tua akan mengajari Anda kebiasaan menabung. Tidak menggunakan cara modern seperti dompet digital atau pembukaan rekening bank, orang tua dulu atau bahkan sekarang masih membiasakan anaknya menabung melalui celengan.

Namun, tahukah Anda bahwa manfaat celengan ini tidak hanya berguna untuk mengajak anak kecil menabung? Jika dilihat dari fungsinya dalam menyimpan uang, celengan masih dapat digunakan sebagai sarana menabung yang efektif dan dapat digunakan oleh orang dewasa juga, termasuk di era modern ini.

Tidak seperti menabung di bank, Anda tetap dapat dengan mudah menarik uang dari ATM atau melakukan transfer. Sedangkan saat menabung menggunakan celengan, Anda tidak akan bisa mengambil kembali uang yang tersimpan di dalamnya selain dengan membuka atau memecahkan wadahnya.

Oleh karena itu, cara menabung di celengan ini masih dianggap efektif karena uang yang disimpan di dalamnya tidak mudah untuk diambil atau digunakan. Nah, bagi Anda yang tertarik dan ingin mencobanya, simak penjelasannya berikut ini.

Berikut adalah 5 Cara menabung di celengan agar cepat banyak

1. Pilih Jenis Tempat celengan yang Tepat

Jenis celengan dapat dibedakan berdasarkan ukuran, bahan, dan bentuknya. Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi atau menumbuhkan kebiasaan menabung agar uang yang didapat cepat banyak, pilihan jenis celengan berkaitan dengan harga beli, kapasitas isinya, kemungkinan untuk digunakan kembali, dan jenis uang yang dapat ditabung.

Misalnya, bentuk paling sederhana adalah celengan timah. Biasanya celengan timah memiliki lubang di bagian atasnya sebagai tempat menaruh uang logam atau uang kertas. Uniknya, celengan jenis ini mudah dibuka dan ukurannya tidak terlalu besar, sehingga lebih cocok untuk kegiatan menabung jangka pendek.

Selanjutnya, ada celengan tanah liat yang masih dilestarikan hingga saat ini. Mereka datang dalam berbagai bentuk dan biasanya dibuat lucu seperti binatang dan buah-buahan untuk menarik perhatian si kecil. Dengan ukuran dan harga yang bervariasi, Anda bisa memilih jenis celengan ini jika ingin menyimpan uang dalam jumlah yang cukup besar.

Ada juga celengan keramik yang lebih ringan dan kuat dari tanah liat. Ibarat celengan yang terbuat dari tanah liat, Anda juga bisa menghemat banyak uang, sekaligus menjadikannya sebagai hiasan ruangan.

2. Tentukan Jumlah Uang yang Akan Dimasukkan Ke Celengan

Ada kebiasaan yang cukup unik di tengah ajakan menabung di masyarakat belakangan ini, yaitu menabung dengan nominal uang tertentu. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menyimpan setiap uang kertas dengan nilai nominal 5 ribu yang diperoleh dari aktivitas belanja sehari-hari. Jadi setiap kali Anda melakukan pembelian dan mendapatkan kembalian 5K, Anda harus memasukkannya ke dalam celengan Anda.

Dengan kata lain, uang yang disimpan di celengan hanya berupa uang dengan nilai nominal 5 ribu. Hal ini juga dapat memicu Anda untuk lebih konsisten dan terus membudayakan kebiasaan menabung. Meski terkesan kecil dan sepele, hasil menabung di celengan dengan nominal yang sudah ditentukan bisa dirasakan besar kedepannya.

3. Mulailah dengan Jumlah Kecil Misalnya dari 1000 Rupiah

Tidak harus dengan nominal yang besar, Anda bisa membiasakan menabung di celengan dengan nominal yang kecil. Jika Anda memutuskan untuk melakukan cara di atas, Anda dapat menghemat 2 ribu atau ribuan di celengan agar uang cepat banyak

Yang terpenting adalah membatasi atau menyesuaikan jumlah uang yang ingin disimpan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan memaksakan untuk menabung dengan nominal uang yang terlalu besar hingga ada kebutuhan pokok yang tidak bisa dipenuhi.

Namun, hindari juga memanjakan diri secara berlebihan sehingga pengeluaran untuk kebutuhan konsumtif, hiburan, dan jajanan yang terkesan murahan cukup berat. Sebab, tanpa disadari, pengeluaran kecil tersebut seringkali menjadi penyebab pengeluaran membengkak dan menghalangi Anda untuk menabung dengan lancar.

4. Tuliskan tujuan keuangan dari kegiatan menabung

Menabung akan terasa hampa jika tidak ada tujuan finansial yang ingin dicapai atau kebutuhan untuk membeli. Tanpa tujuan ini, menabung hanyalah kegiatan mengumpulkan kekayaan, dan sering kandas di tengah jalan karena kurangnya motivasi untuk melakukannya.

Oleh karena itu, agar semangat menabung tidak mudah hilang, Anda bisa menuliskan tujuan keuangan Anda atau melampirkan gambar hal-hal yang ingin Anda miliki dari hasil kerja keras Anda dalam menabung di celengan agar uang cepat banyak. Dengan begitu, setiap kali Anda tergoda untuk mengambil uang dari celengan, Anda akan mengingat tujuan awal menabung.

Selain sebagai sumber motivasi untuk terus berusaha menabung, uang di celengan juga akan tetap aman. Jadi, tulislah tujuan keuangan Anda di tempat yang terlihat dekat dengan celengan untuk menghindari kemungkinan kesalahan.

5. Letakkan celengan di tempat yang tersembunyi 

Hal ini berguna agar Anda lupa bahwa sebenarnya Anda memiliki tabungan dan tidak salah dalam membelanjakannya untuk kebutuhan yang tidak sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

Anda tidak perlu menggali lubang dan mengubur tabungan Anda dalam-dalam, Anda bisa menyembunyikan celengan Anda di lemari yang hanya bisa dijangkau dengan tangga, di ujung kasur yang tidak mudah dijangkau, dan lain-lain.

Menempatkan celengan di lokasi yang sulit dijangkau akan membuat Anda enggan mengambil uang di dalamnya sehingga tabungan Anda di celengan dapat uang banyak.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara menabung di celengan agar cepat banyak, semoga bisa membantu.