Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Dinamo Cepat Panas

Cara Mengatasi dinamo cepat panas adalah dengan mengecek Konduktor atau Kumparan stator => penyebab terjadinya panas berlebih pada mesin dinamo.

3 Cara Mengatasi Dinamo Cepat Panas

Berikut adalah penyebab kenapa dinamo cepat panas 

  • Dinamo generator sudah mulai berubah bentuk.
  • Rotasi generator pompa dinamo sudah berkarat
  • Bantalan atau katup generator dinamo retak.
  • Kipas pendingin rusak 
  • Mesin tersumbat akan menyebabkan dinamo panas 
  • Kapasitor lemah 

Hal ini dapat disebabkan karena dinamo berada di lingkungan yang lembab sehingga menimbulkan karat pada bagian logam dari rakitan generator atau rotor. Akibatnya medan besi pemberani yang dihasilkan menyusut, jika hal ini terjadi maka dilakukan koreksi dengan membuka kumparan dan mensterilkannya.

Bearing yang sudah mulai rusak biasanya mengeluarkan suara generator dinamo, yang akan mengeluarkan suara yang keras atau agresif, apalagi bisa terdengar sangat keras. 

Jika bantalan atau katup mulai berubah bentuk, kecepatan dinamo generator juga akan menyusut dan menyebabkan generator dinamo memanas. Solusinya harus diganti dengan bantalan terbaru.

Kipas pendingin yang rusak ini justru akan menyebabkan generator dinamo menjadi terlalu panas. Biasanya ini akan menunjukkan bahwa kipas rusak. Dan kipas otomatis yang berfungsi untuk meredam panas tidak akan bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Saat air tidak bisa masuk maksimal Sehingga dinamo otomatis akan bekerja terus menerus terutama jika dapat menyebabkan panas yang berlebihan atau pemotongan beban yang berlebihan. Solusinya sangat perlu dibenahi jika water trigger tidak bisa maksimal.

Kapasitor dinamo yang berfungsi sebagai alat yang bisa menghidupkan dan menjalankan pompa air sudah melemah sehingga putaran dinamo juga berkurang dan tidak bisa distarter lagi. Jika anda tidak ingin mengganti kapasitor dinamo maka anda harus membiasakan diri dengan dimensi Uf / mikro farradnya.

Apa yang menyebabkan dinamo panas ? 

Beberapa dinamo dilengkapi dengan perlindungan termal atau secara otomatis. jika generator memanas maka dinamo akan terputus secara otomatis. dan akan menyala secara otomatis jika suhu generator dinamo menurun. 

Namun jika dinamo tidak dilengkapi pelindung termal,  jika mesin dinamo terlalu panas maka tidak bisa mati secara otamatis.

Berikut adalah 3 Cara Mengatasi dinamo cepat panas

1. Cek pada Rotasi rotor dinamo

Cek jika dinamo kotor dan ada karat di bagian dalam sehingga rotor dinamo masih bisa berputar tapi berat karena ada gesekan antara badan rotor dan stator.

Dalam kondisi normal, rotor dinamo harus ringan saat mencoba memutar dengan tangan. Jika terasa berat, maka pasti ada yang salah dengan bagian mekanik pompa. Solusinya, buka, periksa dan pastikan rotor dinamo Anda bebas dari kotoran dan karat => sehingga rotor dapat berputar tanpa hambatan.

2. Tambah Tegangan / daya listrik di rumah anda

Kasus ini sering terjadi di desa-desa yang jauh dari trafo distribusi atau pembangkit listrik =>Ketika tegangan listrik di rumah Anda turun dari standar 220 Volt, katakanlah di bawah 180 volt, hal ini akan menyebabkan arus/beban listrik yang masuk ke dinamo Anda semakin besar. Jika arus listrik yang mengalir pada suatu penghantar lebih besar

3. Ganti dinamo lama dengan dengan yang baru

Menggunakan dinamo secara langsung dan terus menerus untuk melayani kebutuhan akan menyebabkan mesin cepat panas karena itulah anda perlu rutin mengganti dinamo. Ketika dinamo generator bekerja terus menerus pada beban penuh, terutama tanpa sakelar tekanan, maka akan memperpendek umur kumparan stator karena terlalu panas.

Saya merekomendasikan penggunaan reservoir air dan pengaturan pengisian otomatis untuk mencegah pompa dinamo generator bekerja terlalu keras. 

Demikianlah pembahasan tentang Cara Mengatasi dinamo cepat panas, semoga dapat membantu.