Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Merawat Dan Memperbaiki Mesin Mobil

Cara merawat dan memperbaiki mesin mobil - untuk memperbaiki dan merawat mesin pada mobil, simak tips dibawah ini.

2 Cara Merawat Dan Memperbaiki Mesin Mobil

Berikut adalah 2 Cara merawat dan memperbaiki mesin mobil 

1. Lakukan Pemeliharaan Secara Tetatur pada mobil 

Lalukan Ganti oli Anda secara teratur pada mesin mobil anda dan gunakan berat oli yang disarankan. lalukan cara ini secara teratur agar mesin mobil anda terawat dengan baik.

2. Lakukan pemanasan pada mesin mobil terlebih dahulu sebelum dijalankan

Sebelum mengemudi dan menjalankan mobil anda, maka disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu pada mesin mobil. Hal ini akan membiarkan oli masuk ke semua bagian mesin, sebelum memberi beban pada mesin. dengan cara ini maka mobil anda akan terhindar dari kerusakan dan anda tidak perlu repot-repot untuk memperbaikinya.

Baca juga : 5 Cara Mencari Bantuan Saat Mobil Mogok Di Jalan 

Tips lainya untuk merawat dan memperbaiki mesin mobil, yaitu :

* Ganti timing belt atau rantai pada interval di mesin mobil yang direkomendasikan pabrikan 

* Lakukan Penggantian oli secara teratur, dengan cara melakukan perawatan ganti oli secara teratur maka akan membuat mesin mobil Anda berjalan dengan baik.

* Jika Anda memiliki mesin turbo-charged pada mobil anda, biarkan satu atau dua menit untuk mendinginkan mesin mobil sebelum mematikannya. 

* Periode pendinginan ini memungkinkan oli bersirkulasi dan mendinginkan bantalan di turbo. Jika Anda mematikan mesin mobil  setelah mengemudi, maka oli dapat menggumpal di sekitar bantalan panas dan menyebabkan masalah di jalan.

*Jika Anda harus mengganti mesin Anda, diskusikan manfaat membeli bekas versus baru. Jika Anda berencana untuk menyimpan mobil Anda untuk beberapa waktu, mesin baru mungkin merupakan pilihan terbaik. Terkadang mesin baru tidak jauh lebih mahal daripada yang bekas.

*Saat mencoba mendiagnosis kebisingan mesin, buatlah sedeskriptif mungkin. 

* Perhatikan kapan kebisingan pada mesin mobil terjadi, pada posisi throttle apa, dan kapan kebisingan dimulai. Terkadang mengubah berat oli yang digunakan dapat menyebabkan munculnya suara baru. Pastikan mekanik Anda tahu jika Anda mengganti merek atau berat oli baru-baru ini.