Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Motor Injeksi Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Penyebab dan cara mengatasi motor injeksi susah hidup saat mesin dingin - Masalah utama pada motor injeksi adalah ketika mesin dingin adalah susah untuk di hidupkan / di nyalakan. 


Penyebab Motor Injeksi Susah Hidup Saat Mesin Dingin


Meski memiliki banyak kelebihan, motor injeksi tetap memiliki beberapa kekurangan. Mari sekarang kita lihat apa penyebab motor injeksi sulit dihidupkan saat dingin! Kami juga akan memberikan solusi atas permasalahan yang Anda alami. Nantikan diskusi kita!


Baca juga : Cara Mengatasi Karburator Banjir Pada Mobil dan Motor


Berikut adalah Penyebab motor injeksi susah hidup saat mesin dingin


1. Injektor motor tersumbat


Pernahkah Anda mengalami kejadian saat ingin menstarter saat kondisi mesin motor dingin dan tidak bisa distarter? Mungkin penyebabnya adalah injektor yang tersumbat. 


Cara termudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan memanggil mekanik untuk datang ke rumah Anda dan memperbaikinya.


2. Filter bahan bakar motor injeksi tersumbat


Bahan bakar berfungsi untuk memanaskan mesin, terutama saat mesin dalam keadaan dingin. 


Jika aliran bahan bakar tersumbat, mesin tidak akan hidup secara otomatis. Solusinya sama seperti poin pertama, panggil montir, atau kalau di tempat umum bisa sewa crane.


Baca juga : 5 Penyebab Karburator Mobil Banjir Pada Saat Mesin Hidup


3. Busi motor injeksi terbakar


Busi tentu memegang peranan penting agar mesin motor bisa dihidupkan saat mesin dingin. Jika busi terbakar atau terdapat banyak kotoran, busi tidak akan dapat bekerja secara maksimal. 


Solusinya adalah Pastikan untuk memeriksa busi secara teratur untuk menghindari mesin motor injeksi mati saat dijalan


4. Aki pada motor injeksi habis


Kebanyakan motor saat ini menggunakan sistem starter elektrik, Pemasok utama listrik pada sebuah motor tentunya adalah aki. Jika aki habis maka starter otomatis tidak dapat digunakan dan motor tidak dapat dihidupkan. Jika Anda menghadapi situasi seperti ini, pastikan untuk selalu membawa aki cadangan!


5. Pompa bahan bakar pada motor injeksi rusak


Sesuai dengan namanya, fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk memompa bensin. Jika bensin tidak dipompa dengan benar, mesin motor tidak akan hidup secara otomatis. 


Solusinya adalah Pastikan Anda membawa motor Anda secara rutin untuk service tune-up agar hal seperti ini tidak terjadi!


6. Terjadi Kebocoran bensin pada motor injeksi


Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, bensin memegang peranan penting agar mesin motor bisa berjalan dan  Jika aliran bensin tidak optimal mesin tidak akan hidup. 


Solusinya adalah Periksa kolong motor Anda jika ada tetesan bensin, itu artinya selangnya bocor. Biasanya disebabkan oleh selang yang membentur batu saat dalam perjalanan.