Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Injeksi Susah Hidup Setelah Dicuci

Motor injeksi susah hidup setelah dicuci - Penyebabnya Motor injeksi susah hidup setelah dicuci bisa bermacam-macam, bisa karena air masuk ke knalpot atau masuk ke karburator. 


Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Injeksi Susah Hidup Setelah Dicuci


Mencuci sepeda motor memang bisa menjadi kegiatan rutin bagi pemilik sepeda motor untuk menjaga penampilan sepeda motornya, namun pencucian yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah baru salah satunya mesin mogok setelah dicuci.


Berikut adalah Penyebab dan Cara Mengatasi Motor injeksi susah hidup setelah dicuci


1. Periksa busi motor injeksi anda


  • Langkah pertama, lepaskan busi - Busi adalah bagian yang terletak di ujung kabel busi, fungsinya untuk menyambungkan kabel injeksi ke busi.
  • Air bisa masuk dan membasahi komponen motor injeksi anda, dampaknya akan mengganggu arus pengapian sehingga api yang dihasilkan tidak maksimal.
  • Anda hanya perlu anda lalukan adalah memeriksa bagian dalam tutup busi, apakah basah atau tidak. Jika basah, Anda perlu mengeringkannya dengan lap atau jika ada Anda dapat menggunakan semprotan udara.
  • Setelah itu, pasang kembali tutup busi sampai terkunci pada busi. Dan coba nyalakan motor injeksi anda, jika mesin masih susah hidup kita lanjut ke point selanjutnya.


2. Periksa karburator motor injeksi


  • Air juga bisa masuk ke sistem karburasi motor injeksi yang berfungsi dalam hal pendistribusian bahan bakar. Untuk mengeceknya, ada beberapa cara untuk melihat terlebih dahulu dari luar. Jika ada bekas rembesan air maka ada potensi air masuk ke bagian injektor karbu motor anda.
  • Cara mengatasinya adalah : Tutup katup gas dan buka mangkuk karburator, biasanya ada baut yang menyumbatnya. Saat baut ini dibuka maka bensin dari mangkok karburator akan keluar, biarkan sampai bensin keluar semua.
  • Proses ini tidak hanya mengeluarkan bensin dari karburator tetapi jika ada air di dalam karburator juga akan keluar. Ketika semua bensin dari karburator telah terkuras, tutup saluran ini dengan memasang baut-bautnya.
  • Buka katup gas dan hidupkan mesin dengan menggunakan kick starter beberapa kali. Kalau masih susah hidup kita perlu cek sistem pengapian mesin.


3. Buka dan cek soket CDI motor injeksi


  • Anda perlu memeriksa soket yang terkait dengan sistem pengapian seperti soket CDI. Dimana itu? anda tinggal mengikuti dimana pangkal kabel busi, disana akan ditemukan berbagai komponen pengapian seperti koil dan CDI.
  • Selanjutnya lakukan start dengan menggunakan kick start pada posisi kunci kontak ON. Jika kunci kontak bekerja dengan baik, akan ada percikan api dari elektroda busi. Namun jika tidak ada percikan api, itu menandakan ada masalah dengan sistem pengapian motor injeksi.
  • Untuk langkah selanjutnya adalah buka tutup busi sepeda motor Anda dengan kunci busi dan periksa ujung elektrodanya. Seharusnya jika proses starting tidak menyala, elektroda busi akan terlihat basah.
  • Busi basah disebabkan oleh bensin yang tidak terbakar saat kita menghidupkan mesin.
  • Cara mengatasi dan solusinya adalah : tancapkan busi ke tutup motor injeksi seperti biasa tapi dalam posisi seperti biasa Kemudian kencangkan ulir busi.


Tips agar motor injeksi tidak mogok saat dicuci


  1. Pastikan Anda menyemprotkan air hanya ke bodi, bukan mesin.
  2. Jika Anda akan mencucinya dengan mesin, lebih baik menggunakan sabun berbusa dan membilasnya secara manual.
  3. Hindari percikan air pada karburator dan soket listrik motor injeksi yang anda miliki.
  4. Pastikan Anda memasang penutup bodi motor injeksi , terutama penutup samping yang menutupi semua rangkaian listrik.
  5. Jangan menyemprotkan air pada knalpot motor, jika akan membersihkan knalpot bisa menggunakan busa sabun.


Demikian artikel lengkap dan singkat tentang cara mengatasi motor injeksi mogok setelah dicuci, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat untuk kita semua.