Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Akun IG / Instagram Yang Emailnya Sudah Tidak Aktif

Cara mengembalikan akun Instagram yang emailnya sudah tidak aktif - Jika hal ini terjadi, maka kamu harus melalui berbagai tahapan agar akun IG kamu bisa pulih kembali, Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasannya.


Cara Mengembalikan Akun IG / Instagram Yang Emailnya Sudah Tidak Aktif


Berikut adalah cara mudah mengembalikan akun IG yang emailnya sudah tidak aktif


1.  Login ke akun email sebelumnya


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memasukkan terlebih dahulu email yang masih aktif dan digunakan untuk login pada akun Instagram sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah email notifikasi sudah diubah atau belum. Biasanya saat kita mengganti email, akan selalu ada notifikasi yang masuk ke email tersebut.


Setelah Anda masuk ke email, cari di bagian kotak masuk atau centang bagian kotak spam kemudian Cari email yang berjudul Email telah di ganti di Instagram. Setelah menemukannya, buka email tersebut karena akan berisi informasi tentang perubahan email yang telah dilakukan khususnya di Instagram.


2. Klik Amankan Akun Anda di sini


Seperti yang dinyatakan sebelumnya, badan email berisi informasi mengenai perubahan pada email sebelumnya. Uniknya, di dalam isi email tersebut, Anda akan menemukan email pengganti sehingga Anda bisa mengetahui email orang lain yang telah mengganti akun Instagram Anda.


Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik Amankan Akun Anda Di Sini agar akun Anda dapat diamankan dan juga dapat diarahkan ke halaman pemulihan akun. 


Setelah memasuki halaman pemulihan akun, Anda akan diarahkan ke pernyataan bahwa Apakah informasi yang diberikan benar? Untuk bagian ini, silakan pilih Tidak, dan selanjutnya Amankan Akun Saya.


Baca juga : Cara Mudah Menambah Followers IG Hanya Dengan Username Saja


3. Masukkan kata sandi baru


Langkah selanjutnya adalah memasukkan password baru yang telah disediakan oleh sistem. Harap dicatat bahwa kata sandi baru ini digunakan untuk mengubah kata sandi email Instagram. Jadi, jangan mengubah password email yang digunakan. tapi ceritanya akan berbeda jika akun email yang digunakan tidak bisa digunakan tapi itu akan dibahas kemudian.


Setelah bilah kata sandi dibuat, silakan klik Kirim  dan silakan tunggu proses pemulihan akun Instagram selesai. 


Waktu pemrosesan untuk pengembalian dana akun ini biasanya tidak terlalu lama. Tergantung jaringan internet yang digunakan. Ketika akun Instagram Anda telah kembali, maka Anda telah berhasil mengembalikan akun Instagram ke keadaan semula. Namun, jangan gegabah dulu karena ada langkah lain untuk mencegah akun Instagram Anda tidak diambil alih lagi.


4. Buka halaman Bantuan Instagram


Langkah selanjutnya agar akun Instagram Anda tidak diretas untuk kedua kalinya, Anda bisa menggunakan fasilitas yang tersedia di Instagram. 


Hal yang harus disiapkan saat akan mendapatkan bantuan ini adalah alamat email baru. Tentu saja, alamat email alami diketahui oleh peretas, jadi Anda harus segera membuat alamat email baru. Jika Anda dapat menggunakan alat email yang domainnya berbeda dengan domain email lama. Misalnya, jika email lama Anda menggunakan domain dari Google, Anda dapat menggunakan domain email baru dari Yahoo, Hotmail, dan lainnya.


Setelah Anda berhasil membuat email baru, langkah selanjutnya adalah Anda masuk ke situs help.instagram.com untuk dapat melaporkan insiden email yang telah diambil oleh orang lain dan juga telah diubah emailnya. Selain dapat melaporkan kondisi akun yang diretas, Anda juga dapat melakukan tindakan dengan menonaktifkan alamat email yang diretas atau tidak.


Setelah Anda berhasil memasukkan alamat Bantuan Instagram, langkah selanjutnya adalah mengklik bagian Pusat Privasi & Keamanan. Setelah diklik, Anda akan menemukan berbagai opsi yang dapat membantu Akun Anda. 


Langkah selanjutnya adalah mengklik bagian Laporkan Sesuatu. Jika berhasil, Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya 


Dalam opsi ini Anda akan memilih kembali bagian terakhir. Di sinilah Anda tinggal memilih bagian Saya pikir akun saya telah di ambil alih. Coba pilih Laporkan kami jika Anda tidak dapat masuk lagi di halaman. Setelah itu, Anda tinggal mengisi beberapa hal yang perlu diperhatikan. 


Contohnya antara lain alamat email yang digunakan sebagai cadangan, nama pengguna yang digunakan, dan alamat email yang digunakan untuk login ke Instagram. Jika Anda baru saja melakukan pengiriman.