Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Channel YouTube Yang Hilang Atau Tidak Ditemukan

Sebelum menjadi Youtuber terkenal, tentunya Anda akan menemui masalah dengan channel YouTube yang Hilang atau tidak di temukan di pencarian google atau youtube. 


Cara Mencari Channel YouTube Yang Hilang Atau Tidak Di Temukan


Hal ini pasti akan dialami oleh orang-orang yang akan memulai channel youtube, baik pemula maupun yang sudah mengetahui beberapa hal atau teori tentang dunia youtube.


Biasanya channel youtube yang baru dibuat tidak bisa dicari di kolom pencarian, dan kalau di scroll ke bawah maka tidak akan ditemukan atau hilang


Ada beberapa faktor kenapa channel kita tidak hilang dalam pencarian baik melalui aplikasi YouTube maupun di Desktop.


Tapi yang pasti semua itu butuh proses, jika kita membuat akun dan mencarinya di hari yang sama, kecil kemungkinan channel kita akan terdeteksi oleh youtube, minimal 2-3 hari.


Tapi ada alasan lain, jadi kali ini saya akan memberikan beberapa alasan mengapa nama saluran kami tidak muncul saat kami mencari. 


Namun sebelumnya anda bisa membaca cara mengatasi tidak bisa upload video di youtube dan cara menghilangkan peringatan termasuk konten berhak cipta pada video youtube.


Penyebab Channel YouTube Hilang dan Tidak Muncul di mesin penelusuran


1. Chanel / Saluran Masih Baru


Penyebab pertama yang sering terjadi adalah karena channel youtube kita baru saja dibuat. 


Ada kasus channel yang baru saja dibuat dan hanya memiliki 1 video tetapi banyak dicari dan ditonton, sehingga channel tersebut dapat langsung ditemukan jika dicari di kolom pencarian. 


Ada juga channel baru yang dibuat dan sudah ada 5 video tapi jika dicari tidak ketemu, karena nama channel tidak terambil oleh video yang dicari pengguna youtube.


Jadi kalo channel kita masih baru wajar aja gak muncul di search, sabar aja. Yang pasti lama kelamaan nama channel anda akan menjadi populer dengan sendirinya.


2. Nama channel sama / sejenis


Selanjutnya karena nama channel anda sudah ada atau sejenis dan banyak digunakan oleh pengguna lain sebelumnya. Misalnya, nama channel di YouTube sudah cukup banyak duplikatnya


3. Belum Mengisi Kata Kunci Channel


Biasanya Youtuber pemula hanya mengupload konten video tanpa mengetahi fitur-fitur yang ada di YouTube Creator Studio,misalnya tag, deskripsi atau keyword. Ini adalah salah satu hal yang penting dalam mesin pencarian youtube.


Baca juga : Cara Memindahkan Subscribe Youtube Ke channel Lain


Berikut adalah cara mencari channel YouTube yang Hilang


Pertama mask ke Creator Studio => kemudian cari channel dan keywords, lalu silahkan masuk dan sesuaikan dengan nama channel anda, lalu klik simpan 


Setelah itu, tunggu 1x24 jam atau lebih, maka nanti saluran / channel anda pasti akan muncul di mesin pencarian. Selesai