Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak Kendaraan Yang Hilang Tanpa GPS

Cara melacak kendaraan yang hilang tanpa GPS - disini kita akan membahas cara melacak kendaraan yang hilang tanpa GPS, serta beberapa tips untuk mencegah  jika mobil atau motor anda hilang suatu saat nanti.


Cara Melacak Kendaraan Yang Hilang Tanpa GPS


Kehilangan mobil tentu menjadi musibah yang sangat tidak diinginkan bagi setiap pemilik mobil. Tidak ada pemilik mobil yang ingin mobilnya dicuri oleh orang seperti itu.


Namun, masih ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh, jika mobil Anda dicuri orang lain. Sebenarnya cara yang paling efisien dan mudah untuk menemukan mobil yang hilang adalah dengan melacaknya dengan bantuan GPS.


Namun, pelacakan mobil dengan GPS tidak memungkinkan untuk semua mobil. Ini karena tidak semua mobil memiliki pelacak GPS terpasang yang diperlukan untuk melacaknya.


Seperti yang disebutkan sebelumnya, meskipun melacak mobil yang hilang menggunakan GPS adalah pilihan yang paling efektif, kenyataannya tidak semua mobil memiliki pelacak GPS bawaan yang diperlukan untuk melacak mobil.


Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara lain untuk melacak mobil yang hilang yaitu cara melacak mobil yang hilang tanpa GPS. Inilah adalah cara melacak mobil  Anda jika terjadi pencurian, atau bahkan mobil sewaan yang dibawa oleh penyewa.


Baca juga : Cara Melacak Motor & Mobil Yang Hilang Menggunakan Plat Nomor


Berikut adalah Cara melacak kendaraan yang hilang tanpa GPS




1. Menggunakan Pemancar Radio


Tidak seperti pelacak GPS, yang tidak tersedia di setiap mobil, kebanyakan mobil yang banyak digunakan saat ini memiliki radio dari pabrikan yang terpasang. Radio adalah salah satu teknologi yang digunakan polisi di tahun 60-an untuk melacak mobil yang hilang.


Hingga saat ini, teknologi masih bisa digunakan dan menjadi alternatif dalam melacak mobil yang hilang. Namun, Anda tetap tidak dapat melacak mobil & motor yang hilang dengan radio internal yang terpasang di dalam mobil.


Anda membutuhkan transmitter atau pemancar sinyal pada mobil untuk dapat melacak keberadaan sinyal tersebut. Anda perlu menghubungkan pemancar radio ke mobil, sehingga sinyal dapat dilacak.


Meski begitu, cara ini tidak bisa melacak lokasi mobil secara pasti seperti GPS. Metode ini hanya dapat mengetahui dari mana sinyal radio itu berasal.


2. Pelacakan dengan plat nomor kendaraan


Cara melacak kendaraan yang hilang tanpa GPS selanjutnya adalah dengan melacak plat nomor. Plat nomor kendaraan memiliki banyak informasi penting, dan juga dapat digunakan untuk melacak kendaraan yang hilang.


Bisa dibilang plat nomor merupakan identitas dari kendaraan itu sendiri, yang juga bisa digunakan untuk melacak mobil dan motor yang hilang. Plat nomor adalah salah satu instrumen utama yang digunakan oleh polisi untuk melacak kendaraan yang hilang. Polisi juga dapat melacak plat nomor mobil yang hilang melalui CCTV atau bahkan melalui badan intelijen.


Selain untuk melacak mobil yang hilang, plat nomor kendaraan juga bisa berfungsi untuk mengidentifikasi identitas korban kecelakaan. Identifikasi plat nomor kendaraan dapat dilakukan melalui website SAMSAT.


Tips melacak kendaraan yang hilang tanpa GPS


Ada beberapa cara untuk melacak mobil atau motor yang hilang tanpa GPS, tetapi melacak mobil yang hilang dengan GPS adalah cara yang lebih cepat dan efisien. 


Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan : Anda dapat membeli pelacak GPS yang banyak tersedia di toko online. Setelah itu, Anda hanya perlu menginstal aplikasi pelacakan GPS di smartphone Anda, dan Anda dapat melacak posisi mobil dengan lebih tepat dan mudah secara mandiri dari rumah.


Beberapa teknologi pelacakan GPS yang lebih modern bahkan dapat mencegat suara pencuri yang berbicara di dalam mobil dan motor anda, dan bahkan mematikan mesin mobil secara otomatis. Hanya saja hal ini tentunya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.


Tips Manfaatkan fitur smartphone sebagai alat pelacakan kendaraan


Jika Anda memiliki smartphone lama yang tidak digunakan, Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti pelacak GPS. Anda dapat menempatkan smartphone di dalam mobil dan mengaktifkan GPS pada smartphone.


Jika sewaktu-waktu mobil Anda dicuri, Anda bisa melacak keberadaannya dengan melacak smartphone yang Anda masukkan ke dalam mobil tadi.


Selain melakukan beberapa hal di atas untuk mengantisipasi, Anda juga perlu melakukan beberapa hal setelah mobil Anda hilang. Hal pertama yang harus segera dilakukan adalah melapor ke polisi, dan juga menyebarkan berita kehilangan.