Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghidupkan Motor Matic Yang Tidak Bisa Distarter

Cara menghidupkan motor matic yang tidak bisa distarter yaitu dengan menekan rem dan mengangkat standar motor secara bersamaan.

5 Cara Menghidupkan Motor Matic Yang Tidak Bisa Distarter

Sepeda motor merupakan salah satu kebutuhan terpenting masyarakat modern saat ini dan juga menjadi pilihan utama untuk mobilitas karena lebih praktis dan mudah dikendarai.

Maka tidak heran jika hampir setiap orang di zaman modern ini memiliki sepeda motor pribadi. Bahkan ada yang menggunakan sepeda motor sebagai alat kerja utama mereka, seperti bekerja sebagai tukang ojek.

Banyak masalah dapat terjadi dengan motor. Salah satu masalah yang paling mengganggu adalah ketika motor tidak mau hidup.

Apalagi jika sedang terburu-buru akan sangat merugikan, gejala kerusakan starter ditunjukkan dengan tidak berfungsinya sistem starter.

Sistem starter adalah rangkaian listrik yang memutar poros sehingga terciptalah pembakaran pertama mesin.

Sistem ini akan menjalankan proses menghidupkan mesin. Ada dua jenis sistem starter, yaitu starter kick dan starter elektrik.

Semua sepeda motor terbaru kini menggunakan sistem starter elektrik. Starter elektrik ini sangat mudah dijalankan untuk menghidupkan mesin.

Hanya dengan sekali tekan, mesin akan menyala. Namun masalah terjadi jika sistem ini tidak bekerja sehingga motor tidak menyala.

Ada empat masalah umum yang menyebabkan motor tidak dapat dihidupkan saat proses starter, yaitu masalah pada starter itu sendiri, masalah bahan bakar, masalah busi, dan tekanan kompresi.

Baca juga : 7 Penyebab Motor Matic Tidak Bisa Distarter dan Diengkol

Berikut adalah 5 Cara menghidupkan motor matic yang tidak bisa Distarter

1. Tekan Rem, Mengangkat Standar motor, lalu starter, lakukan ketiganya secara bersamaan 

Cara Menghidupkan Motor Matic Yang Tidak Bisa Distarter adalah dengan menekan rem dan mengangkat standar motor secara bersama-sama. Tanpa menekan rem, proses starter tidak akan bekerja dan motor tidak akan hidup. Kalau diinjak rem, motor tetap tidak mau hidup, mungkin bawaannya masih aktif. Untuk itu segera angkat standar, tekan rem dan tekan tombol starter pada motor matic, maka motor akan langsung menyala.

2. Mengganti Relay 

Relay berfungsi sebagai saklar utama ke starter. Relay juga bisa disebut sebagai jembatan yang menghubungkan arus baterai dengan starter. Relay dapat diaktifkan dengan kunci kontak dan ketika rusak, proses starter tidak dapat menghidupkan motor matic.

Untuk memastikan kondisi relay, coba lakukan pengetesan dengan menekan relai dan starter secara bersamaan. Jika ada ketukan, maka relay masih normal. Sedangkan jika tidak ada knock berarti relay rusak dan solusinya harus diganti dengan yang baru.

3. Perbaiki Sirkuit  /  Korsleting

Cara mengatasi motor tidak mau starter selanjutnya adalah dengan mendeteksi terlebih dahulu kemungkinan terjadinya korsleting. Korsleting dapat menyebabkan sistem starter mengalami korsleting. Jika ada bekas hitam dan luka bakar, bisa dipastikan korsleting benar-benar terjadi.

Cara memperbaikinya cukup mudah. Pertama, bagian yang terbakar bisa dibersihkan. Kemudian bagian yang terlepas dapat dipasang kembali. Jika ada bagian yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi, maka harus diganti dengan yang baru.

4. Memeriksa Tekanan Kompresi

Jika mesin tidak hidup saat dingin atau di pagi hari, itu bisa menjadi masalah kompresi. Atau jika mesin baru bisa hidup setelah beberapa kali starter, penyebabnya karena mesin membutuhkan kompresi pembakaran belum sempurna.

Besarnya kompresi harus sebanding dengan daya yang dihasilkan. Jika mesin gagal untuk hidup, itu berarti kompresi tidak sebanding. Untuk memperbaikinya, pertama-tama periksa tekanan kompresi dengan penguji kompresi.

5. Memperbaiki / Mengganti Busi

Kerusakan atau masalah lain pada busi adalah penyebab paling umum dari motor tidak dapat distarter. Biasanya nyala api yang keluar dari busi sangat kecil atau bahkan tidak mengeluarkan nyala api sama sekali. Cara memperbaiki motor tidak bisa start karena masalah pada busi bisa dilakukan dengan cara memperbaiki busi. Anda juga bisa mengganti busi baru jika kerusakan busi sudah terlalu parah.

Kesimpulan :

Demikianlah pembahasan tentang Cara menghidupkan motor matic yang tidak bisa Distarter, semoga dapat membantu anda semua !!