Macam-Macam Dokter Spesialis Dan Gelarnya

Ada berbagai macam dokter spesialis dan gelarnya. Untuk mendapatkan gelar spesialis tentunya harus menempuh pendidikan kedokteran umum terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan program pendidikan dokter spesialis.


Macam-Macam Dokter Spesialis Dan Gelarnya


Berikut adalah macam-macam dokter spesialis dan gelarnya :


1. Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan gelar (Sp.PD)


Dokter yang berspesialisasi dalam penyakit dalam harus mampu mendiagnosis dan mengobati sejumlah masalah kesehatan yang dialami pasien dewasa atau lanjut usia. Contohnya adalah masalah kekebalan tubuh, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, penyakit pencernaan, penyakit pernapasan, dan penyakit ginjal.


2. Dokter anak dengan gelar (Sp.A)


Keistimewaan dokter di bidang ini adalah mampu mendiagnosis dan merawat pasien berusia 0–18 tahun. Umumnya, semua penyakit yang terjadi pada anak, baik masalah fisik, perilaku, hingga kesehatan mental, akan dirujuk ke dokter anak. Namun, mungkin saja dokter


Misalnya, ketika menangani masalah kejiwaan, dokter anak akan bekerja sama dengan psikiater, atau ketika kondisi anak memerlukan pembedahan, dokter anak akan bekerja sama dengan ahli bedah anak.


3. Dokter Ahli saraf dengan gelar (Sp.N)


Neurolog atau ahli saraf adalah dokter yang bertugas mendiagnosis, merawat, dan merawat pasien dengan penyakit yang berkaitan dengan sistem saraf, mulai dari otak, sumsum tulang belakang, hingga sistem saraf tepi.


Ahli saraf biasanya merawat pasien dengan stroke, infeksi sistem saraf, tumor yang tidak dapat dioperasi, penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf, kejang, gangguan gerakan, gangguan otot akibat gangguan saraf, migrain, demensia, dan neuropati perifer.


Baca juga : Ciri-Ciri Orang Yang Cocok Jadi Dokter


4. Dokter Spesialis kebidanan dan kandungan dengan gelar (Sp.OG)


Sesuai dengan gelarnya, dokter spesialis kebidanan dan kandungan (Sp.OG) memiliki keahlian khusus dalam 2 bidang, yaitu keahlian dalam kehamilan dan persalinan (kebidanan) dan keahlian di bidang kesehatan reproduksi.


Bidang kebidanan melayani segala hal yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan, baik normal maupun bermasalah. Sedangkan bidang ginekologi melayani keluhan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, seperti masalah menstruasi dan menopause.


5 . Dokter Spesialis THT dengan gelar (Sp.ENT)


Spesialis THT adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis, merawat, dan merawat orang dengan gangguan telinga, hidung, dan tenggorokan.


Masalah kesehatan yang bisa ditangani oleh dokter spesialis THT antara lain sakit tenggorokan, tonsilitis, sleep apnea, sinusitis, infeksi telinga, hingga tumor di kepala dan leher.


6. Dokter Spesialis Mata dengan gelar (Sp.M)


Dokter mata adalah dokter yang memiliki keahlian dalam menangani masalah kesehatan mata. Selain melakukan pemeriksaan mata, dokter mata juga dapat meresepkan obat atau kacamata, dan juga melakukan operasi mata.


Masalah kesehatan mata yang biasanya ditangani oleh dokter spesialis mata antara lain masalah penglihatan, masalah kelopak mata, iritasi mata, kedipan mata yang tidak henti-hentinya, atau penyakit mata terkait usia.


Itulah pembahasan tentang macam-macam dokter spesialis dan namanya, semoga bisa membantu

SeeLidComment